Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19
The Effect of Online Learning on Learning Outcomes During the Covid 19 Pandemic Masa
Pembelajaran daring merupakan solusi pembelajaran ketika masa pandemi covid 19. Tanpa terkecuali SMK Ketintang Surabaya yang juga menggunakan sistem pembelajaran daring dengan memanfaatkan sarana online, seperti google meet, whatsapp group, zoom, edu learning, dan media aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring bagi hasil belajar murid di saat pandemi covid 19 di kelas X jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Ketintang Surabaya, Riset ini memakai penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini bersifat deskriptif memakai analisis data primer dengan menyebarkan angket melalui google form secara online dan analisis data sekunder dengan pengambilan data dokumentasi yaitu nilai UAS. Riset ini memakai sampel yang diambil secara acak siswa kelas X OTKP sebanyak 64 siswa. Teknik analisis data, antara lain 1. Analisis butir soal yang meliputi uji validitas dan reliabilitas; 2. Analisis hasil belajar murid yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji t (hipotesis). Hasil riset menunjukan jika hasil hasil uji t mendapat t-hitung sejumlah 8.396 dengan sig 0,000 maka nilai t-tabel dengan taraf kepercayaan 95% (α=0,05) adalah 1.997. hingga H0 ditolak dan H1 diterima dan dinyatakan adanya dampak pembelajaran daring bagi hasil belajar murid pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMK Ketintang Surabaya.
Kata Kunci: covid 19; hasil belajar; pembelajaran daring.
Online learning is the main means of learning during the Covid-19 Pandemic. No exception is SMK Ketintang Surabaya which uses online application facilities, such as whatsapp groups, zoom, edu learning, and other application media when learning online. This study aims to analyze the effect of online learning on student learning outcomes during the Covid 19 pandemic in class X, majoring in Automation and Office Management at Ketintang High School Surabaya. This study uses quantitative research. This quantitative research is descriptive in nature using primary data analysis by distributing questionnaires via google form online and secondary data analysis by collecting documentation data, namely the UAS value. This study used a random sample of 64 students of class X OTKP. The data analysis techniques included 1. Analysis of the items which included validity and reliability tests; 2. Analysis of student learning outcomes including normality test, linearity test, heteroscedasticity test, t test (hypothesis). The results show that the t-test results show the acquisition of t-count of 8,396 with sig 0,000, then the t-table value with the 95% confidence level (α = 0.05) is 1.997. so that H0 is rejected and H1 is accepted and it is concluded that there is an effect of online learning on student learning outcomes in office technology subjects at Ketintang SMKS Surabaya.
Keywords: covid 19; learning outcomes; online learning.