PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF MEGEO BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DEVELOPMENT OF MEGEO BOX EDUCATIONAL GAMES TO IMPROVE COGNITIVE ABILITIES IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
ABSTRAK
Nama : Inov Ainur Rohmatul
NIM : 17010684037
Program Studi : S1 PG-PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Sri Widayati, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain permainan edukatif bagi anak usia 4-5 tahun melalui pengenalan bentuk geometri. Tahap awal pada penelitian ini yakni mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Masalah tersebut yakni kurangnya ketersediaan untuk alat permainan edukatif bagi anak usia dini, pengenalan mengenai geometri pada anak cenderung kurang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Kemudian untuk model penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk uji validasi dilakukan oleh dua validator. Hasil penilaian oleh dua ahli tersebut diperoleh skor sebesar 93% dari ahli media. Sedangkan dari ahli materi memperoleh skor 82,5%. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini yakni dua orang anak berusia 4-5 tahun. Pada kegiatan bermain 1 anak pertama berinisial CA mendapat skor total 16, yakni dalam kriteria BSB, artinya berkembang sangat baik. Kemudian anak kedua berinisial AN, mendapat skor total 13 dalam kriteria mampu atau BSB. Pada kegiatan bermain 2, skor CA stabil yakni 16. Untuk AN, mengalami peningkatan pada aspek kognitifnya yakni memperoleh skor 15. Hasil dari kegiatan bermain 1 dan bermain 2 dapat disimpulkan bahwa permainan Megeo Box ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Megeo Box, Perkembangan Kognitif
ABSTRACT
Name : Inov Ainur Rohmatul
Student Number : 17010684037
Study Program : S1 PG-PAUD
Faculty : Education
Institution Name : State University of Surabaya
Supervisor : Sri Widayati, S.Pd., M.Pd
This research aims to develop educational game design for children aged 4-5 years through the introduction of geometric shapes. The initial stage of this research is to identify the problems that occur. These problems are the lack of availability for educational game tools for early childhood, the introduction of geometry in children tends to be less varied. The research method used is the R&D (Research and Development) research and development method. Then for this research model is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The validation test was carried out by two validators. The results of the assessment by the two experts obtained a score of 93% from media experts. Meanwhile, from material experts, a score of 82.5%. The trial subjects were limited to this study, namely two children aged 4-5 years. In the play activity, the first 1 child with the initials CA got a total score of 16, which is in the BSB criteria, meaning that it is developing very well. Then the second child, with the initials AN, got a total score of 13 in the ability criteria or BSB. In the 2nd play activity, CA's score was stable, namely 16. For AN, there was an improvement in the cognitive aspect, namely obtaining a score of 15. The results of play 1 and play 2 activities can be concluded that the Megeo Box game can improve cognitive development in children aged 4-5 years.
Keywords: Early Childhood, Megeo Box, Cognitive Development