APAKAH HASIL BELAJAR EKONOMI DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR?
ARE ECONOMIC LEARNING OUTCOMES AFFECTED BY LEARNING MOTIVATION AND LEARNING ACTIVITY?
Pendidikan bertujuan mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu, kreatif, mandiri, cakap, berakhlak mulia dan bertanggung jawab, tujuan tersebut dapat dicapai dengan motivasi belajar dan aktif belajar dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh baik khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh parsial variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 2) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) pengaruh simultan variabel motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi di kelas X IPS SMAN 1 Cerme. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 siswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi, serta terdapat pengaruh positif signifikan variabel keaktifan belajar terhadap variabel hasil belajar. Juga secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar ekonomi dan dengan nilai Adjusted R-squared sebesar 0,380 kontribusi variabel bebas adalah 38%.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Ekonomi
Education aims to educate students to become human beings who are knowledgeable, creative, independent, capable, noble and responsible, these goals can be achieved with learning motivation and active learning in learning so that the learning outcomes obtained are good, especially in economic subjects. The purpose of this study was to determine 1) the partial effect of learning motivation variables on economic learning outcomes, 2) the effect of learning activities on economic learning outcomes, 3) the simultaneous influence of learning motivation variables and learning activities on economic learning outcomes in class X IPS SMAN 1 Cerme. The sampling method used was purposive sampling so that a sample of 86 students was obtained. This study uses primary data obtained from questionnaires. The results of this study indicate that there is a partially significant positive effect between learning motivation on economic learning outcomes, and there is a significant positive influence on learning activity variables on learning outcomes variables. Also simultaneously there is a significant positive effect between learning motivation and learning activity on economic learning outcomes and with an Adjusted R-squared value of 0.380 the contribution of the independent variable is 38%.
Keywords: Learning Motivation, Learning Activity, Economic Learning Outcomes