ANALISIS KEMAMPUAN KONJEKTUR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED
ANALYSIS OF LEARNER’S CONJECTURE ABILITY IN SOLVING OPEN-ENDED PROBLEMS
Konjektur akan selalu digunakan oleh peserta didik dalam pemecahan masalah, karena konjektur sendiri terikat dengan kegiatan seperti penalaran yang logis, menerjemahkan masalah, menganalisis serta mengevaluasi suatu informasi untuk memperoleh keputusan yang valid terkait dengan penyelesaian masalah, di mana konjektur juga mampu mengembangkan proses berfikir peserta didik dalam membuat suatu pernyataan, terlebih dengan bantuan soal terbuka dalam penerapannya, yang mampu membuat peserta didik lebih kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan konjektur peserta didik dalam soal open-ended dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif pada materi pola bilangan khususnya menggeneralisasi pola. Subjek penelitian adalah empat peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi dan sedang serta bersedia dalam mengikuti wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek belum mampu melakukan setiap tahap pada mengontruksi konjektur, terutama pada tahap mengargumentasikan konjektur dan terdapat satu subjek yang tidak melakukan tahap pembuktian konjektur karena yakin dengan rumus yang telah diberikan oleh guru. Sehingga diperlukan kegiatan pembelajaran yang didalamnya terdapat pemecahan masalah yang menagih kemampuan konjketur peserta didik, masalah open-ended juga dapat menjadi salah satu pilihan masalah yang dapat membantu siswa membangun proses berfikirnya secara mandiri, dan tidak terikat dengan rumus dari guru maupun buku.
Kata Kunci : Konjektur, Open-Ended, Menggeneralisasi Pola, Pola Bilangan
Conjecture will always be used by learners in problem solving, because conjecture is tied to activities such as logical reasoning, translating problems, analyzing and evaluating an information to obtain valid decisions related to problem solving, where the conjecture is also able to develop the learning process of learning in making a statement, especially with the help of open problems in its application, which can make learners more creative. This research aims to illustrate the conjecture ability of learners in open-ended problems with descriptive types of research and qualitative approaches in number pattern especially generalize pattern. The subjects of the study are four learners who have a high and moderate level of mathematical ability and are willing to take part in interviews. The results showed that all subjects have not been able to perform every stage on constructing the conjecture, especially in the stage of arguing the conjecture and there is one subject who does not do the stage of proof of the conjecture because of his confident in the formula that has been given by the teacher. So that learning activities are needed in which there is problem solving that collects the ability of learners' contours, open-ended problems can also be one of the problem choices that can help students build their thought processes independently, and not bound by the formula of teachers or books.
Keywords : Conjecture, Open-Ended, Generalize Patterns, Number Patterns