PENERAPAN GAYA ART NOUVEAU PADA DESAIN T-SHIRT MERK SAKLIRANG
IMPLEMENTATION OF ART NOUVEAU STYLE ON THE SAKLIRANG BRAND T-SHIRT DESIGN
Saklirang adalah merk pakaian anak muda yang mengusung tema budaya lokal Kabupaten Lumajang dikemas dengan nuansa kekinian dikalangan anak muda. Art Nouveu dipilih sebagai gaya visual desain T-shirt pada produk terbaru. Berdasarakan hasil wawancara dengan pemiliknya, Saklirang mengalami penurunan penjualan semenjak pandemi Covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perancangan dan penerapan desain untuk meningkatkan penjualan. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif untuk mengidentifikasi dan menganalisis data dengan teknik analisis 5W+1H. Hasil dari identifikasi data malalui wawancara dan observasi didapatkan informasi mengenai profil dari merk Saklirang, hasil produksi T-shirt sebelumnya, dan objek kebudayan yang dijadikan desain T-shirt. Adapun kebudayaan yang dipilih diantaranya kesenian Jaran Kencak, Tari Topeng Kaliwungu, Tari Godril. Dari hasil analisis data diperoleh informasi mengenai target market, tanggal perilisan produk, serta media sosial promosi. Perancangan dilakukan dengan melalui proses thumbnail, tight tissue, validasi, dan desain final. Hasil dari perancangan ini berupa tiga buah desain T-shirt dengan gaya Art Nouveau. Hasil validasi desain kesenian Jaran Kencak mendapat skor 34 dengan persentase nilai 77%, Tari Topeng Kaliwungu mendapat skor 39 dengan persentase nilai 88,6%, Tari Godril mendapat skor 30 dengan persentase nilai 68,1%. Dari hasil uji validasi ketiga desain T-shirt tersebut layak untuk diproduksi pada media T-shirt, totebag, korek api.
Saklirang is a youth clothing brand that incorporates the theme of local culture from Lumajang Regency, packaged with a contemporary touch among young people. Art Nouveau has been chosen as the visual design style for the latest T-shirt product. Based on an interview with the owner, Saklirang has experienced a decrease in sales since the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is to describe the design and implementation of designs to improve sales. The research was conducted using a qualitative method to identify and analyze data using the 5W+1H analysis technique. Through data identification via interviews and observations, information was obtained regarding the profile of the Saklirang brand, previous T-shirt production results, and cultural objects used as T-shirt designs. The selected cultural elements include Jaran Kencak art, Topeng Kaliwungu dance, and Godril dance. From the data analysis, information was obtained regarding the target market, product release date, and social media promotion. The design process involved thumbnail sketches, tight tissue sketches, validation, and final design. The result of this design process is three T-shirt designs with an Art Nouveau style. The validation results for the Jaran Kencak art design scored 34 with a percentage value of 77%, the Topeng Kaliwungu dance design scored 39 with a percentage value of 88.6%, and the Godril dance design scored 30 with a percentage value of 68.1%. Based on the validation results, all three T-shirt designs are suitable for production on T-shirt media, tote bags, and lighters.
Keywords: T-shirt design, Art Nouveau, Lumajang culture.