ABSTRAK
Moch, Arroki. 2017.
Pengembangan Bahan Ajar
Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Berbasis
Inkuiri Terbimbing Bagi Siswa Tunagrahita Kelas VII Di SMPLBN Kota Pasuruan . Tesis, Pascasarjana S-2 Pendidikan Luar Biasa, Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Sri Joeda Andajani, M. Kes (II) Dr. Asri
Wijiastuti, M.Pd .
Kata Kunci: Bahan Ajar, Perubahan Wujud Benda, Inkuiri
Terbimbing.
Materi perubahan wujud benda pada pelajaran IPA dianggap materi
yang sulit bagi siswa tunagrahita ringan. Pemahaman siswa tunagrahita terhadap
materi perubahan wujud benda masih jauh dari kompetensi yang harus dikuasai
siswa..
Tujuan penelitian ini secara khusus adalah mengembangkan bahan
ajar berbasis inkuiri terbimbing dengan materi perubahan wujud benda. Bahan
ajar ini salah satu upaya untuk mempermudah siswa tunagrahita ringan dalam hal
pemahaman materi perubahan wujud benda. Dalam penelitian ini menggunakan
pengembangan model 4D (four D), model pengembangan
4D ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn
I. Semmel. Subjek pnelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLB.
Data yang diolah dalam penelitian ini berupa skor dari hasil validasi ahli, pengamatan
pengelolaan kelas dan respon guru terhadap bahan ajar serta tes hasil belajar
siswa .
Hasil pengembangan
bahan ajar (1). Uji kelayakan memiliki hasil sebagai berikut . Nilai rata-rata keseluruhan indikator validasi ahli materi
adalah 3,96. Nilai rata-rata keseluruhan indikator validasi bahan ajar
adalah 3,36, hal ini menunjukkan hasil
yang positif, yaitu terletak pada kategori “layak” untuk digunakan dan diujicobakan
kepada subyek penelitian, (2). Untuk uji
kepraktisan di peroleh dari kemampuan guru mengolah pembelajaran mendapat nilai
90% yang artinya sangat baik. Nilai rata-rata keseluruhan indikator dari
respon pengguna bahan ajar adalah 4,93, artinya sangat layak di gunakan,
dan(3). Untuk uji keefektifan di peroleh dari hasil belajar siswa yaitu dengan
menggunakan gain score 0,66 yang
menurut kriteria KKM dinyatakan lulus. Kesimpulannya, bahwa bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan materi
perubahan wujud benda bagi siswa tunagrahita
kelas VII di SMPLB telah memenuhi syarat layak, praktis dan efektif untuk
dipergunakan dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas VII SMPLB
tunagrahita ringan.
ABSTRACT
Moch, Arroki. 2017. Development of Teaching Materials of Natural Sciences With Material Changes Input Based Guided Inquiry For Mentally Disabled Students Class VII In SMPLBN Pasuruan City. Thesis, Special Education, State University of Surabaya. Counselor: (I) Dr. Sri Joeda Andajani, M. Kes (II) Dr. Ir. Asri Wijiastuti, M.Pd