Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Building Information Modelling Kelas XI KGS SMK Negeri 5 Surabaya
Development of E-Modul in Building Information Modelling Subject on Class XI KGS SMK Negeri 5 Surabaya
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan e-modul; (2) hasil belajar peserta didik pada penerapan e-modul; dan (3) respon peserta didik pada penerapan e-modul Autodesk Revit pada mata pelajaran Building Information Modelling (BIM). Jenis penelitian pada penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (R&D) memanfaatkan model pengembangan 4D. Instrumen untuk penelitian ini berupa angket. Angket digunakan untuk menilai kelayakan e-modul melalui validasi ahli konten e-modul dan ahli multimedia. Data penelitian yang dikumpulkan berbentuk kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) kelayakan e-modul dinyatakan “sangat layak” dengan skor rerata sebesar 4.45 atau 89%; (2) hasil belajar peserta didik dinyatakan “tuntas” dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 86%; dan (3) respon peserta didik pada penerapan e-modul dinyatakan “sangat baik” dengan skor rerata sebesar 4.50 atau 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah e-modul Autodesk Revit pada mata pelajaran Building Information Modelling (BIM) disebut layak dimanfaatkan menjadi media pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran ditinjau dari para ahli dan peserta didik pengguna e-modul.
Kata Kunci: Kelayakan E-Modul, Hasil Belajar, Respon Peserta Didik, Building Information Modelling (BIM), Autodesk Revit
This research and development aims to determine: (1) the feasibility level of e-modules; (2) student learning outcomes in implementing e-modules; and (3) student responses to the application of the Autodesk Revit e-module in the Building Information Modeling (BIM) subject. The type of research in this research is research and development (R&D) utilizing the 4D development model. The instrument for this research is a questionnaire. A questionnaire was used to assess the feasibility of the e-module through validation by e-module content experts and multimedia experts. The research data collected is quantitative. The research results prove that: (1) the feasibility of the e-module is declared "very feasible" with an average score of 4.45 or 89%; (2) student learning outcomes are declared "complete" with a classical completion percentage of 86%; and (3) students' responses to the application of the e-module were declared "very good" with an average score of 4.50 or 90%. The conclusion of this research is that the Autodesk Revit e-module in the Building Information Modeling (BIM) subject is said to be worthy of being used as a learning medium for learning activities in terms of experts and students using the e-module.
Keywords: E-Modules Feasibility, Learning Outcomes, Student Responses, Building Information Modeling (BIM), Autodesk Revit