Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kelayakan dan keefektifan dari media interaktif yang telah
dikembangkan oleh peneliti untuk siswa kelas X Akutansi di SMK Muhammadiyah 1
Taman Sidoarjo. Multimedia interaktif ini berisi materi tentang materi pokok masalah
pokok ekonomi, dan peneliti disini menggunkan model pengembangan (Research and Development) R&D, dimana
dalam model ini meliputi langkah-langkah diantaranya: potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba
produk dan uji coba pemakaian. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan
data menggunakan metode angket, dan tes. Dan teknik analisis data angket
menggunakan rumus persentase dan teknik analisis data tes menggunakan rumus uji
t.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) multimedia
interaktif materi pokok masalah pokok ekonomi dinyatakan layak baik dari aspek
materi maupun aspek medianya sendiri. Pada ahli materi dapat diketahui
bahwasanya setelah dilakukan revisi dikategorikan sangat baik dengan persentase
100%, sedangkan pada ahli media setelah dilakukan revisi dapat dikategorikan
sangat baik dengan persentase 100%. 2) hasil uji coba secara perseorangan,
kelompok kecil dan kelompok besar menujukan bahwa multimedia interaktif yang
dikembangkan juga dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji t
dapat diketahui nilai t hitung 15,189 dengan df = n – dk = 30 -1 = 29 dan
apabila dikonsultasikan dengan t tabel dengan taraf signifikan 95% atau 0,05
maka didapatkan nila t tabel sebesar 1,69913. Maka jika dilihat lagi hasil t
tabel dari nilai pre-test dan post-test setelah menggunakan multimedia
interaktif hasil dari t hitung > t tabel, sehingga disini dapat diambil
kesimpulan bahwa multimedia interaktif layak dan efektif untuk digunakan dalam
kegiatan pembelajaran dan dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar dari
siswa.
Kata kunci : Pengembangan,
Multimedia Interaktif, Materi Pokok Masalah Pokok Ekonomi