Penerimaan Orangtua (Parental Acceptance) dengan Anak Tunarungu
Parental Acceptance with Deaf Children
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu bagaimana proses penerimaan Orang tua (parental acceptance) dengan anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan melakukan wawancara semi terstruktur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis tema serta dilakukan keabsahan data dengan cara memberchecking dan triangulasi sumber. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu kedua partisipan telah mencapai tahap penerimaan berdasarkan teori Rohner dengan melewati proses penerimaan masing-masing Penelitian ini juga menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penerimaan kedua partisipan tersebut, baik faktor yang mendukung seperti adanya dukungan keluarga atau lingkungan maupun faktor yang menghambat seperti adanya permasalahan rumah tangga serta sulitnya meregulasi emosi dalam pengasuhan.
This research aims to investigate the process of parental acceptance towards deaf children. The study utilized a qualitative method with a case study approach, employing semi-structured interviews. Data analysis involved thematic analysis, supported by data validity checks through member-checking and source triangulation. The findings of this research indicate that both participants have reached the stage of acceptance according to Rohner's theory, having gone through their respective acceptance processes. The study also identified factors influencing the acceptance process for these participants. Supportive factors included family and community support, while hindering factors included marital issues and difficulties in emotional regulation during parenting.