Peran Aktivasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Eksistensi PT PAL INDONESIA (PERSERO)
The Role Of Social Media Activation In Increasing The Existence Of PT PAL INDONESIA (PERSERO)
PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alutsista laut dan galangan kapal terbesar di Indonesia. Sempat mengalami krisis ekonomi global pada tahun 2008 membuat PT PAL Indonesia (Persero) harus terus meningkatkan performanya. Hingga saat ini PT PAL Indonesia tetap eksis dalam memunculkan karya-karya besarnya ke nasional maupun internasional. Salah satunya yakni PT PAL Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang mampu membangun kapal selam di ASEAN. Guna menampilkan performanya kepada masyarakat luas, PT PAL Indonesia memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakat dan stakeholder untuk menunjukkan eksistensinya. Saat ini terdapat proses-proses untuk mengelola media sosial yang digunakan untuk meningkatkan performa sebuah perusahaan yaitu proses perencanaan, proses aktivasi, dan proses optimalisasi. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui bagaimana pemaksimalan proses pengelolaan dan keberhasilan dalam penerapan aktivasi media sosial yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa PT PAL Indonesia memilih Instagram sebagai media sosial utama nya dan melakukan pengelolaan media sosial sesuai dengan ketiga proses pengelolaan tersebut, dalam penggunaannya PT PAL Indonesia cenderung menggunakan proses optimalisasi dalam media sosialnya, selain itu mereka juga menciptakan strategi yang digunakan untuk proses pengelolaan sosial media milik perusahaan sendiri.
PT PAL Indonesia (Persero) is a company engaged in marine defense equipment and the largest shipyard in Indonesia. Had experienced the global economic crisis in 2008 made PT PAL Indonesia (Persero) must continue to improve its performance. Until now, PT PAL Indonesia still exists in bringing out its great works both nationally and internationally. One of them is PT PAL Indonesia which is the only company capable of building submarines in ASEAN. In order to show its performance to the wider community, PT PAL Indonesia utilizes social media to interact with the community and stakeholders to show its existence. Currently, there are processes for managing social media that are used to improve the performance of a company, namely the planning process, activation process, and optimization process. The purpose of this study is to find out how to maximize the management process and success in the application of social media activation carried out by PT PAL Indonesia (Persero). The research method used is a case study. Based on the results of the research conducted, it was found that PT PAL Indonesia chose Instagram as its main social media and managed social media according to the three management processes, in its use PT PAL Indonesia tends to use the optimization process in its social media, besides that they also create strategies used for the company's own social media management process.Keywords: Role, Activation, Social Media, Existence