Penerapan Penilaian Sejawat dalam Pengajaran Penulisan Surat Lamaran Kepada Siswa SMK
The Implementation of Peer Assessment in Teaching Writing of Application Letter to Vocational High School Students
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada perspektif guru yang mengajarkan surat lamaran menggunakan tahapan Peer Assessment. Ada empat tahap yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini, yang pertama adalah kriteria guru, desain kelas dalam peer assessment, manajemen guru di dalam kelas, dan juga evaluasi teks guru yang merupakan produk siswa. Guru harus mengikuti semua tahapan untuk hasil pengajaran yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah guru mengikuti semua langkah dalam urutan peer assesssment atau tidak. Penelitian ini dirancang dalam penelitian kualitatif karena terdapat observasi dan catatan lapangan. Peneliti mengambil subjek penelitian ini yang merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki kurikulum standar tentang surat lamaran. Instrument penelitian ini ditulis dalam daftar observasi dengan catatan. Kemudian, akan ada produk surat lamaran siswa yang diperiksa dan diperbaiki oleh rekan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap peer assessment telah diterapkan oleh guru dalam pengajarannya. Dia menggunakan lembar kerja untuk menjaga pengajaran tetap pada jalurnya. Penelitian ini menemukan bahwa beberapa siswa tidak memperbaiki kesalahan. Beberapa siswa tidak memahami kesalahan mana yang harus diperbaiki oleh mereka. Disamping itu beberapa siswa merasa tidak enak untuk membuat koreksi dari teman mereka. Peneliti menemukan bahwa perlu bagi guru untuk mengikuti tahapan mengajar penilaian sejawat. Pertama, pastikan siswa memiliki kemampuan untuk memberikan koreksi. Kedua, guru perlu menjaga lingkungan kepercayaan sehingga siswa dapat fokus pada pekerjaan mereka. Dalam penilaian yang tepat, satu pertemuan tidak cukup untuk melakukan penelitian ini. Saya berharap peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian ini dalam periode yang lebih panjang..
Kata kunci: penilaian sebaya, surat lamaran, mengajar menulis.
Abstract
This study was focused on the teacher perspective that teach application letter using stages of peer assessment. There are four stages that could be explained in this research, the first is teacher’s criteria, peer assessment classroom design, teacher’s classroom management, and also teacher’s evaluation of text which is students’ product. The teacher should be followed all of the stages for the best result of teaching. This research was conducted in order to find out whether the teacher follows all of the steps in sequence of peer assessment or he does not. This study was designed in qualitative research because there is an observation and field note. This research was conducted the subject of this study that is a vocational high school who has the standard curriculum about application letter. The observation was written in observation checklist with note. Then, there a student’s product of application letter that checked and corrected by their peer. The result of this study showed that peer assessment stages has implemented by the teacher in his teaching. He used a worksheet to keep the teaching on track. This study found that some of students didn’t correct the error. Some of the students didn’t understand which one the error that should be corrected by them. Other that the student felt bad to making a correction of their friend. The researcher finds that it is necessary to the teacher to follow the stages of teaching peer assessment. First, make sure the student have an ability to give correction. Second, teacher needs to maintain the environment of trust thus the student could focus on their on works. In the proper assessment, one meeting is not enough to conduct this research. I hope the next researcher could conduct this research in a bit long period sequences.
Key words : peer assessment, application letter, teaching writing.