Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Jigsaw-modifikasi terintegrasi motivasi ARCSyang valid, praktis, dan efektif dengan perangkat pembelajaran yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D Models dan rancangan percobaan The One Group Pretest and Posttest Design. Kegiatan persiapan dilaksanakan di Pascasarjana, UNESA sedangkan uji coba pada siswa kelas X MIA-1, X MIA 3, dan X MIA 4 dilaksanakan di SMAN 1 Madiun pada bulan Januari 2019 sampai Maret 2019. Kevalidan model dan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil validasi model pembelajaran kategori valid dengan nilai modus 3 dan perangkat pembelajaran kategori sangat valid dengan nilai modus 4. Kepraktisan model dan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan klasikal dengan rata-rata sebesar 3,95 dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 3,6 dengan kategori baik. Keefektivitasan model dan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil dari peningkatan hasil belajar dengan gainscore sebesar 0,9 dan ketuntasan hasil belajar 100% serta respons siswa sebesar 96,3%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw-modifikasi terintegrasi motivasi ARCS yang dikembangkan layak, ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Model dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat menuntaskan hasil belajar siswa dilihat dari aspek motivasi dan peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: model pembelajaran, jigsaw-modifikasi, motivasi ARCS, invertebrata
This study aims to produce an integrated Jigsaw-modified learning model of ARCS motivation that is valid, practical, and effective with learning tools that support learning. This research is a type of development research with a 4D Models development model and The One Group Pretest and Posttest Design experimental design. Preparatory activities are carried out in Postgraduate, UNESA while trials on class X MIA-1, X MIA 3, and X MIA 4 students are held at SMAN 1 Madiun in January 2019 to March 2019. The validity of the models and learning tools based on the results of the validation of the learning model of the categories valid with the value of mode 3 and the learning device category is very valid with the value of mode 4. Practical models and learning tools in terms of classical performance with an average of 3.95 with very good categories and student activities of 3.6 with good categories. The effectiveness of the model and learning tools based on the results of the increase in learning outcomes with gainscore of 0.9 and 100% completeness of learning outcomes and student responses of 96.3%. Based on the results of data analysis and research discussion, it can be concluded that the Jigsaw-modified learning model integrated ARCS motivation developed is feasible, in terms of validity, practicality, and effectiveness. Models and learning tools developed can complete student learning outcomes seen from the aspect of motivation and improvement in learning outcomes.
Keywords: learning model, jigsaw-modification, ARCS motivation, invertebrates