ANALISIS TEKS RECOUNT YANG DITULIS SISWA SMP BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA (KURIKULUM MERDEKA)
ANALYSIS OF RECOUNT TEXT WRITTEN BY JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BASED ON FREEDOM CURRICULUM (KURIKULUM MERDEKA)
Menulis merupakan keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai siswa. Kegiatan menulis dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, seperti berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis personal recount text bagian pengaturan struktur teks terkait dengan pengalaman pada saat pameran P5 di SMPN 39 Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk menganalisis bagaimana siswa kelas VIII-A menulis teks recount pribadi dalam rubrik organisasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap karya teks recount pribadi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sedikit siswa yang mampu memperoleh skor pada kategori sangat baik pada pengorganisasin struktur generic teks Recount. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada kelas VIII-A di SMPN 39 Surabaya siswa masih kurang mampu dalam mengorganisasikan isi tulisan dengan masing-masing fungsi generik struktur dari teks recount.
Writing is an English skill that students must master. Writing activities can improve students' English skills, such as critical thinking. This research aims to determine students' ability to write personal recount text in the text structure arrangement section related to experiences at the P5 exhibition at SMPN 39 Surabaya. The method used is descriptive qualitative to analyze how class VIII-A students write personal recount texts in an organizational rubric—data collection techniques through observation of students' personal recount text work. The research showed that only a few students could score in the very good category on the generic structure. Thus, it can be concluded that in class VIII-A at SMPN 39 Surabaya, students are still less able to organize written content with the generic function of the structure of recount text.