Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Masa Pandemi COVID-19
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah memahami, menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan manajerial kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dimasa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan untuk menulis artikel ilmiah ini memakai studi kepustakaan. Hasil yang didapat keterampilan manajerial kepala sekolah meliputi : (1) keterampilan konseptual, terkait dengan pembuatan tujuan sekolah dan visi misi, menentukan strategi yang mudah dipahami, membuat program yang akan direalisasikan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan, mengembangkan program sekolah seperti ekstrakurikuler untuk peserta didik, menganalisis SWOT yang dihadapi sekolah, serta memiliki inovasi yang jelas untuk kemajuan sekolah; (2) keterampilan manusiawi, kepala sekolah mampu mempererat hubungan baik dengan warga sekolah, memberikan motivasi atau dorongan kepada guru agar bisa mengembangkan potensi dirinya, mengambil keputusan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, melibatkan guru dalam rencana program sekolah; (3) keterampilan teknis, kepala sekolah memiliki kemampuan menggunakan pengetahuan, metode, teknik, dan peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tertentu yang diperoleh dari pengalaman, pendidikan, dan latihan (training).
The purpose of writing this scientific article is understand, analyze, and describe the managerial skills of principals to improve teacher performance during the COVID-19 pandemic. The method used for writing scientific articles is using literature study. The result shows principal skills include: (1) conceptual skills, related to making school goals and mission vision, determining easy-to-reach strategies, making programs that will be implemented according to predetermined criteria, developing school programs such as extracurricular for students, analyzing SWOT faced by schools, and have clear innovations for school progress; (2) human skills, principals must be able to strengthen good relations with school residents, provides motivation or encouragement to teachers so that they can develop their potential, make decisions that are tailored to conditions and needs, involve teachers in school program plans; (3) technical skills, the role of the principal as a supervisor, manager, and administrator to carry out tasks.