Media video pembelajaran metabolisme sel digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre–experiment design dengan rancangan one-group pretest–posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 7-A di SMP Negeri 1 Gampengrejo. Teknik pengumpulan data motivasi menggunakan angket motivasi dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Hasil dari penelitian menunjukkan peningkatan angket motivasi kategori sangat tinggi dari 16% menjadi 48%. Data observasi juga menunjukkan peningkatan motivasi kategori sangat tinggi dari pertemuan pertama 8,7% menjadi 44%. Peningkatan hasil belajar melalui analisis gain 12 siswa masuk kategori sedang dan 11 siswa masuk kategori tinggi. Hasil Uji-t menunjukkan sig.(2tailed) 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diteima dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar setelah penggunaan media video pembelajaran. Penggunaan media video pembelajaran sub materi metabolisme sel mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, sehingga perlu diterapkannya media ini untuk sub materi IPA yang lain.
Kata Kunci : Media video pembelajaran, motivasi, hasil belajar
Video learning media cell metabolism is used to increase student motivation and learning outcomes. This research used apre-experiment design research by designing one-group pretest-posttest design. The research subjects were 7-A grade students in Gampengrejo 1 Junior High School. The technique of collecting motivation data uses motivation questionnaires and observation sheets. The technique of collecting learning outcomes data uses pretest and posttest. The results of the study showed an increase in motivation questionnaire from 16% to 48%. Observation data also showed an increase in motivation from the first meeting of 8.7% to 44%. Improving learning outcomes through analysis of information 12 students in the medium category and 11 in the high category. T-test results show sig. (2tailed) 0.00 smaller than 0.05, it will showed significant difference in learning outcomes after using instructional video media. So, it can be conclude that using video media for learning sub cell learning material increas student motivation and learning outcomes.
Keyword : Video learning media, motivation, learning outcomes