Pembelajaran problem based learning (PBL )
dalam penelitian ini diberikan kepada dua kelas dengan sistem silang. Sehingga,
kedua kelas pernah menerapkan pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui, 1) keterlaksanaan pembelajaran, 2) respon siswa, 3) hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning.
Desain penelitian yang digunakan
adalah kuasi eksperimen yang berbentuk Non-equivalent
Control Group Design . Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Surabaya,
jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB). Waktu penelitian dilakukan pada semester
gasal tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI TGB 1
yang berjumlah 32 siswa dan siswa kelas XI TGB 2 yang berjumlah 32 siswa. Kelas
XI TGB 1 adalah kelas yang mendapat perlakuan, kelas XI TGB 2 adalah kelas yang
tidak mendapat perlakuan pada materi kusen. Pertemuan selanjutnya perlakuan
disilang, kelas XI TGB 2 adalah kelas yang mendapat perlakuan, kelas XI TGB 1
adalah kelas yang tidak mendapat perlakuan pada materi daun pintu. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis komparatif dengan menganalisa hasil
belajar menggunakan uji hipotesis uji-t
dua pihak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) hasil keterlaksanaan
mengalami peningkatan, baik saat diterapkan PBL
maupun tidak menerapkan PBL .
Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran adalah sebesar 77,41%. Rata-rata
keterlaksanaan yang dilakukan guru adalah 79,31%. Rata-rata keterlaksanaan yang
diberikan kepada siswa adalah 77,83%. 2) Respon siswa kelas XI TGB 1 sebesar
70,86% dan kelas XI TGB 2 sebesar 76,17%, artinya siswa memiliki respon baik
terhadap penerapan PBL . 3) Rata-rata hasil
belajar materi kusen, kelas TGB 1 yang menerapkan model PBL mendapatkan nilai rata-rata 78,44 dan kelas TGB 2 yang tidak
menerapkan model PBL mendapatkan
nilai rata-rata 71,13. Rata-rata hasil belajar materi daun pintu, kelas TGB 2
yang menerapkan model PBL mendapatkan
nilai rata-rata 79,3 dan kelas TGB 1 yang tidak menerapkan model PBL mendapatkan nilai rata-rata 70,1.
Kelas yang mendapat perlakuan model PBL
rata-rata hasil belajarnya lebih baik dari pada kelas yang tidak mendapat perlakuan
model PBL .
Kata
Kunci :
Hasil Belajar, Problem
Based Learnig, Rencana Anggaran Biaya,
Respon Siswa.