ABSTRAK
Berdasar pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru Bahasa Jerman, peserta didik cenderung mengalami kesulitan dalam menulis karangan Bahasa jerman. Peserta didik selalu minta diberi contoh cara pengerjaan terlebih dahulu. Kurangnya penguasaan kosakata juga membuat peserta didik cenderung menggunakan kata-kata yang sama berulang kali. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model induktif kata bergambar (picture-word inductive model) dapat membantu proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis. Model induktif kata bergambar (picture-word inductive model) ini berupa gambar, sehingga dapat memacu peserta didik lebih semaangat dalam proses pembelajaran dan meningkatan imajinasi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Jerman peserta didik dengan penerapan model induktif kata bergambar (picture-word inductive model) dengan tema Familie kelas XI Semester 1 SMAN 3 Sidoarjo.” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis Bahasa Jerman peserta didik dengan penerapan model induktif kata bergambar (picture-word inductive model) dengan tema Familie kelas XI Semester 1 SMAN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan hasil belajar berupa uraian kata. Instrument penelitian ini adalah tes menulis karangan. Dan data penelitian didapat dari hasil tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai yang cukup baik dalam keterampilan menulis yang di peroleh peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model induktif kata bergambar (picture-word inductive model) dalam keterampilan menulis Bahasa Jerman kelas XI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 3 Sidoarjo.
Kata kunci : Hasil belajar, keterampilan menulis, Model induktif kata bergambar (picture-word inductive model)
Abstract
Based on observations of researchers and interviews with German language teachers, students tend to have difficulty writing German language essays. Students always ask to be given an example of how to work first. The lack of mastery of vocabulary also makes students tend to use the same words repeatedly. Therefore, innovation in teaching is needed to achieve learning goals. The picture-word inductive model can help the learning process in improving writing skills. The picture-word inductive model is in the form of images, so that it can stimulate students more deeply in the learning process and improve the imagination of students. The formulation of the problem in this research is "How the results of learning German language writing skills of students with the application of an picture-word inductive model with the theme Familie class XI Semester 1 of SMAN 3 Sidoarjo." The purpose of this research is to describe the learn German language writing skills of students by applying an picture-word inductive model words (picture-word inductive model) with the theme Familie class XI Semester 1 of SMAN 3 Sidoarjo. This research uses a descriptive qualitative approach by describing learning outcomes in the form of word descriptions. This research instrument is a writing essay test. And research data obtained from the results of three meetings. The results of the research showed an increase in the value that was quite good in writing skills obtained by students. So it can be concluded that the application of picture-word inductive models in German writing skills in class XI can improve student learning outcomes at SMAN 3 Sidoarjo.
Keyword : lerning outcomes, writing skills, picture-word inductive model