Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk yang dimoderasi oleh iklan pada pengguna kamera DSLR merek Canon di Sourabaya in Frame
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Regresi dengan Variabel Moderating (MRA) dan pengumpulan data menggunakan angket pada anggota komunitas Sourabaya in Frame yang menggunakan kamera DSLR merek Canon sebanyak 66 responden dari 125 anggota komunitas. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan jumlah soal 25 item dengan 4 skala Likert
Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa iklan memperkuat kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kamera DSLR merek Canon pada komunitas Sourabaya in Frame sebesar 31,3% dan sisanya sebesar 68,7% dipengaruhi oleh variabel kelompok referensi terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci Kelompok Referensi, Iklan, Keputusan Pembelian
The purpose of this study was to determine the effect of reference groups on product purchase decisions moderated by advertisements on users of Canon in Sourabaya in Frame DSLR cameras
The method used in this study is descriptive quantitative with the sampling technique using purposive sampling. The data analysis technique used in this study was using Regression Analysis with Moderating Variables (MRA) and data collection using a questionnaire on members of the Sourabaya in Frame community who used a Canon brand DSLR camera of 66 respondents from 125 community members. The research instrument used a questionnaire with a total of 25 items with 4 Likert scales.
The results of this study indicate that advertising strengthens the reference group against the purchase decision of Canon brand DSLR cameras in the Sourabaya in Frame community by 31.3% and the remaining 68.7% is influenced by reference group variables on purchasing decisions.
Keywords Reference Group, Advertisements, Purchasing Decisions