Take Care of Unity Case Study of Multicultural Values Representation in St Albertus Catholic Senior High School Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam kegiatan sekolah Penelitian ini menggunakan perspektif pendidikan multikultural James A. Banks untuk mengidentifikasi nilai multikultural, sedangkan teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger untuk berfokus pada bagaimana nilai multikultural direpresentasikan melalui kegiatan sekolah sebagai usaha untuk merawat kebinekaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus Robert K. Yin. Hasil dari penelitian (1) bentuk nilai-nilai multikultual yang ada di SMA Katolik St. Albertus Malang antara lain : toleransi, saling menghargai dan hidup berdampingan (2) nilai-nilai multikultural tersebut direpresentasikan melalui kegiatan sekolah yang dinaungi oleh bagian Kesiswaan dan Pastoral Care serta pembelajaran agama dan budi pekerti (3)secara teoritis, prinsip Spiritualitas Carmel menjadi pondasi dalam pelaksanaan pendidikan multikultural sebagai usaha merawat kebinekaan di sekolah. Kepala sekolah, guru dan peserta didik mengonstruksi pengetahuan tentang nilai multikultural dan mengimplementasikannya melalui kegiatan di sekolah. Pengetahuan tentang nilai multikultural dan pelaksanaan kegiatan sekolah yang berlandaskan Prinsip Spiritualitas Carmel secara praktis dapat dipakai sebagai usaha sekolah menerapkan kebijakan multikultural dalam rangka merawat kebinekaan yang ada di SMA Katolik St Albertus Malang.
This study attempts to explore representation of multicultural values contained in school activities. This research using perspective multicultural education by James A .Banks to identify the multicultural values , while the social construction by Peter L .Berger to focus on how the multicultural values represented through school activities in an effort to taking care of unity .This research analysis using Case Study Method by Robert K .Yin . The results of research are ( 1 ) representation of multicultural values in St Albertus Senior Catholic High School are tolerance, appreciate each other and coexist among other.( 2 ) the values represented this multicultural school shaded by student division, Pastoral Care and religion and the manners subject matter. Knowledge of the multicultural and implementation of the school activities based on the principle spirituality of Carmel in practice can be applied as a school policy in order to take care of unity in St Albertus Catholic Senior High School Malang