Komunikasi Lisan dalam Pembelajaran Berbicara Menggunakan Problem Based Learning Pada Siswa SMK
Oral Communication in Teaching Speaking Using Problem Based Learning on Vocational School Students
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan Komunikasi Lisan menggunakan teknik PBL untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dua belas siswa SMK jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah karena diintegrasikan ke dalam proses belajar mengajar. Dua pertemuan dilakukan dalam penelitian ini. Guru menjelaskan materi pelajaran secara normal pada pertemuan pertama. Pada pertemuan kedua, guru menerapkan Komunikasi Lisan dengan menggunakan PBL sebagai sarana model pembelajaran, dan ditemukan bahwa strategi yang digunakan sudah dapat membantu siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, Komunikasi Lisan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam berbicara bahasa Inggris.
Kata Kunci: Kemampuan berbicara, komunikasi lisan, PBL, Sekolah Menengah Kejuruan.
This study aims to determine how teachers apply Oral Communication using PBL to help students develop their speaking skills. This study uses the qualitative method. Twelve vocational students were majoring in TKR (LightVehicle Technical) participated in this study. This research implemented Problem Based Learning as it was integrated into the learning and teaching process. Two meetings were carried out in this study. The teacher explained the subjects' material normally at the first meeting. At the second meeting, the teacher applied Oral Communication using the PBL as a means of learning model, and it was found that the strategy used had been able to help students in speaking English. Therefore, Oral Communication using Problem Based Learning can help the students become more active in speaking English.
Keywords: Speaking skill, oral communication, PBL, Vocational School.