THE EFFECT OF THE APPLICATION OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL ON COGNITIVE LEARNING OUTCOMES OF CHOUX PASTE IN CLASS XI STUDENTS AT SMKN 2 MOJOKERTO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dengan variabel sebagai berikut: 1) aktivitas guru, 2) aktivitas siswa, dan 3) hasil belajar kognitif siswa kelas XI, pada KD choux paste di SMKN 2 Mojokerto. Jenis penelitian ini yaitu experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design dan menggunakan dua kelas yang berperan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretest posttest dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test dengan menggunakan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil uji independent sample t-test untuk pretest menunjukan hasil bahwa pretest pada kedua kelas tidak berbeda nyata dan dapat disimpulkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji independent t-test untuk posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,034 yang berarti nilai signifikansi tersebut < 0,05. Kesimpulan pada hasil penelitian ini yaitu: 1) aktivitas guru tergolong dalam kategori sangat baik, 2) aktivitas siswa tergolong dalam kategori sangat baik, dan 3) hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih besar daripada kelas kontrol.
This research aims to determine the effect of applying a problem-based learning model with the following variables: 1) teacher activity, 2) student activity, and 3) cognitive learning outcomes of grade XI students, on competency standard choux paste at SMKN 2 Mojokerto. This type of research is experimental with a pretest-posttest control group design and uses two classes that act as experimental and control classes. The instruments used were pretest-posttest questions and observation sheets of teacher and student activities. Data analysis was carried out by independent sample t-test using SPSS 25 for Windows. The results of the independent sample t-test test for the pretest showed that the pretest in the two classes was not significantly different and it could be concluded that the two classes had the same initial ability. While the results of the independent t-test test for the posttest obtained a Sig. (2-tailed) of 0.034 which means that the significance value is <0,05. The conclusions on the results of this research are: 1) teacher activity is classified in the very good category, 2) student activity is classified in the very good category, and 3) student's cognitive learning outcomes in the experimental class have increased more than the control class.