Penelitian terkait tentang kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK materi matriks menunjukkan bahwa ada perbedaan individu. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK materi matriks yang ditinjau dari gaya kognitif adaptasi dan inovasi kelas XI di SMKN 1 Grati, Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket Adaptation Innovation in Workplace (AIW) untuk mengetahui gaya kognitif siswa, dan Tugas Pemecahan Masalah Matriks (TPMM) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK materi matriks. Siswa kelompok inovasi tampil lebih baik secara signifikan daripada kelompok adaptasi. Secara keseluruhan, hasil ini memberikan gambaran yang lebih rinci tentang perbedaan individu dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK materi matriks.
Recent research on mathematical problem solving abilities of SMK students on matrix shows that there are individual differences. In this study, we compared and investigated differences in the mathematical problem solving abilities of students at SMKN 1 Grati, Pasuruan, in terms of the cognitive adaptive and innovative styles of class XI at SMKN 1 Grati, Pasuruan. Data collection was carried out by giving an Adaptation Innovation in Workplace (AIW) questionnaire to determine students cognitive styles, and the Matrix Problem Solving Task (TPMM) to measure the mathematical problem solving abilities of SMK students on matrix. The innovation group students performed significantly better than the adaptation group. Overall, these results