QUALITY COST ANALYSIS TO ACHIEVE ZERO DEFECTS UMKM MIE WAHYU SPJ
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya kualitas pada UMKM Mie Wahyu untuk mencapai zero defect Latar belakang penelitian ini adalah tingginya produk cacat yang dialami oleh UMKM selama bulan September-Desember tahun 2023 . Tujuan analisis biaya kualitas adalah untuk mengetahui besarnya biaya kualitas dan berguna sebagai dasar perbaikan kualitas selanjutnya sehingga tidak ada lagi produk cacat (zero defect). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan sumber yang berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi di tempat produksi UMKM Mie Wahyu. Selanjutnya, data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode biaya kualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun bulan September-Desember, rata-rata total biaya kualitas per penjualan adalah sebesar 6,5%. Hal ini berarti bahwa total biaya kualitas per penjualan masih diatas angka optimal 2,5% per penjualan aktual. Tingginya biaya kualitas membuktikan bahwa masih ada keluhan pelanggan yang terjadi,sehingga UMKM Mie Wahyu harus memperbaiki kualitas dengan cara melakukan perawatan secara berkala, inspeksi berkala, training karyawan, dll guna mencapai zero defect.
Kata Kunci: Biaya Kualitas, Zero Defect, Analisis Biaya Kualitas