The Correlation between Students' Reading Attitude and Their Reading Comprehension
Tindakan memahami sebuah teks dikenal sebagai pemahaman membaca. Tujuannya adalah untuk memahami sepenuhnya apa yang dijelaskan dalam teks. Membaca bahasa Inggris dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sikap membaca. Sikap membaca seorang pelajar, yang mempengaruhi apakah mereka menyukai atau tidak menyukai membaca, dapat berdampak pada kemampuan membaca mereka melalui seberapa besar keterlibatan mereka dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman membaca dan sikap siswa berhubungan atau tidak. Sebanyak 48 siswa SMP kelas 8 berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner sikap membaca dan tes pemahaman membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap membaca siswa cukup baik (M = 3.40) dan pemahaman membaca mereka sebagian besar berada di level B1 (M = 288.35). Sementara itu, hasil Korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang lemah antara sikap membaca siswa dan pemahaman membaca mereka (r = .279, p = 0.055). Para siswa meyakini bahwa membaca dapat memberikan dampak positif bagi mereka, namun mereka tidak terlalu menyukai kegiatan membaca.
Kata kunci: Sikap membaca, Pemahaman membaca
The act of comprehending a text is known as reading comprehension. The aim is to fully comprehend what is being described in the text. L2 reading may be influenced by a variety of factors, one of them is reading attitude. A learner's reading attitude, which affects whether they enjoy or hate reading, may have an impact on their reading skills through how involved they are with their reading. The aim of this study is to determine whether or not reading comprehension and student attitudes are correlated. A total of 48 junior high school students in the eighth grade participated in this study. The data was collected by distributing a reading attitude questionnaire and reading comprehension TOEFL Junior Test. The result found that the students’ reading attitude was fairly good (M = 3.40) and their reading comprehension was mostly at B1 level (M = 288.35). However, the result of Pearson Correlation showed that there is a weak correlation between students’ reading attitude and their reading comprehension (r = .279, p = 0.055). The students believe that reading can give them a positive impact, yet they do not really like the activity of reading.
Keywords: Reading attitude, Reading comprehension