ANALISIS HASIL GAMBAR ANAK KELAS 8 SMPN 1 SAWAHAN KABUPATEN MADIUN
ANALYSIS OF IMAGES FOR CLASS 8 CHILDREN OF SMPN 1 SAWAHAN MADIUN REGENCY
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil gambar anak pada SMPN 1 Sawahan Kabupaten Madiun dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil gambar berdasarkan aspek visual dalam seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mengetahui proses dan menganalisa hasil gambar anak pada SMPN 1 Sawahan Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta studi literatur.Sebagaian besar hasil gambar menunjukan bahwasanya kepekaan dalam lingkungan sekitar dan imajinasinya yang terekam pada ingatan anak dijadikan tema untuk divisualkan dalam bentuk gambar. Dari 29 hasil gambar sebagian besar gambar menunjukkan berada pada masa periode naturalistik semu. Penggambaran objek yang divisualisasikan sudah mirip dengan aslinya meskipun penguasaan proporsi belum dikuasai sepenuhnya dan warna-warna yang goreskan kepada objek kebanyakan dengan goresan ekspresif dan sesuai dengan objek yang digambarkan. Hasil gambar anak menggunakan tema dari lingkungan sekitar dan hasil dari pengalaman yang pernah dialami oleh anak.
This study was conducted to determine the results of children's drawings at SMPN 1 Sawahan, Madiun Regency with the aim of describing the results of images based on visual aspects in fine arts. This study uses a qualitative method that is used to determine the process and analyze the results of children's drawings at SMPN 1 Sawahan, Madiun Regency. The technique of collecting data is by observation, interviews and documentation as well as literature study. Most of the images show that the sensitivity in the surrounding environment and the imagination that is recorded in the child's memory are used as themes to be visualized in the form of pictures. From the 29 images, most of the images show that they are in the pseudo-naturalistic period. The depiction of the visualized objects is similar to the original, although the mastery of proportions has not been fully mastered and the colors that are stroked on the objects are mostly expressive strokes and in accordance with the objects depicted. The results of the children's drawings use themes from the surrounding environment and the results of experiences that have been experienced by children..