Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tanaman Hias Di Era Pandemi Covid-19
Adanya virus covid-19 mengubah segala perilaku kehidupan masyarakat yang ada, serta adanya pesan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan dari rumah (Work From Home) membuat sebagian masyarakat memiliki hobi baru yaitu melakukan kegiatan budidaya tanaman hias untuk menambah kegiatan serta mengurangi stress. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias pada warga di Kota Mojokerto. Populasi dalam riset ini yakni warga Kota Mojokerto pecinta tanaman hias. Riset ini menggunakan teknik analisis faktor dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik penghimpunan data melalui penyebaran angket atau pertanyaan secara offline kepada pengunjung stand tanaman hias dengan total 100 responden. Selanjutnya dilakukan analisis dan melalui proses rotasi faktor dengan SPSS26. Terdapat 14 variabel yang mendasari penelitian ini meliputi Sumber Daya Konsumen, Motivasi, Pengetahuan, Sikap, Kepribadian, Gaya Hidup, Demografi, Budaya, Kelas Sosial, Kelompok dan Keluarga, Produk, Harga, Promosi, Lokasi. Akhirnya dari 14 variabel tersebut terbentuk tiga faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias. Faktor pertama adalah Kemampuan Ekonomi, faktor Kepribadian, Faktor Harga. Dari 3 faktor tersebut faktor yang paling dominan ialah faktor Kemampuan Ekonomi dengan nilai of variance sebesar 42,614%. Jadi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan nantinya dapat berguna untuk marketing sehingga dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam melakukan keputusan pembelian terhadap tanaman hias.
Kata Kunci : analisis faktor, bauran pemasaran,keputusan pembelian
The existence of the covid-19 virus has changed all the behavior of existing people's lives, as well as a message from the government to carry out activities from home (Work From Home) has made some people have a new hobby, namely cultivating ornamental plants to increase activities and reduce stress. The purpose of this study was to determine what factors influence the decision to purchase ornamental plants for residents in Mojokerto City. The population in this research are residents of Mojokerto City who love ornamental plants. This research uses factor analysis techniques with quantitative research methods. The technique of collecting data is through the distribution of offline questionnaires or questions to visitors to the ornamental plant stand with a total of 100 respondents. Furthermore, analysis was carried out and through a factor rotation process with SPSS26. There are 14 variables that underlie this research including Consumer Resources, Motivation, Knowledge, Attitudes, Personality, Lifestyle, Demographics, Culture, Social Class, Groups and Families, Products, Prices, Promotions, Locations. Finally, from the 14 variables, three new factors were formed that influenced the decision to purchase ornamental plants. The first factor is Economic Ability, Personality factor, Price Factor. Of these 3 factors, the most dominant factor is the Economic Ability factor with a value of variance of 42.614%. So based on the research that has been done later it can be useful for marketing so that it can find out what factors influence people in making purchasing decisions on ornamental plants.
Keywords: factor analysis, marketing mix, purchasing decisions