PENGARUH PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA, BERPIKIR KRITIS, DAN PENALARAN ADAPTIF SISWA
THE EFFECT OF GEOGEBRA ASSISTED PROBLEM LEARNING ON UNDERSTANDING OF MATHEMATICS CONCEPTS, CRITICAL THINKING, AND STUDENTS' ADAPTIVE REASONING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra yang digunakan terhadap pemahaman konsep, berpikir kritis, dan penalaran adaptif pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada pokok bahasan, transformasi geometri yaitu pada materi translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Amanatul Ummah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa dan diberi perlakuan berupa pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra dengan diberikannya Pretest dan Posttest pada pembelajaran sebelum menggunakan GeoGebra dan setelah menggunakan GeoGebra. Lembar Pretest dan Posttest, lembar observasi aktifitas siswa, dan angket respon siswa digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini.
Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil penelitian ini yang berupa peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep, berpikir kritis, dan penalaran adaptif siswa karena diperoleh N-gain pemahaman konsep 0.18, berpikir kritis 0.10, dan penalaran adaptif 0.08 yang tergolong rendah. Hasil uji normalitas data diperoleh signifikansi pemahaman konsep 0.008, berpikir kritis 0.009, dan penalaran adaptif 0.001dengan seluruh data bernilai < 0.05, makadata tidak berdistribusi normal sehingga dilakukan uji non parametrik Kruskal-Wallis. Dari uji non parametrik Kruskal-Wallis menunjukkan hasil nilai Asymp.Sig. 0.068 dan 0.068 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara pemahaman konsep, berpikir kritis, dan penalaran adaptif siswa setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan menunjukkan aktivitas siswa yang aktif selama pelaksanaan pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra. Hasil angket respon siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran pengajuan masalah berbantuan GeoGebra dari semua aspek.
Kata Kunci: Pembelajaran Pengajuan Masalah, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Penalaran Adaptif, GeoGebra.
This study aims to determine the effect of GeoGebra-assisted problem posing learning that is used on concept understanding, critical thinking, and adaptive reasoning in students. This research was conducted on the subject, geometric transformation, namely the material of translation, reflection, rotation, and dilation for class XI IPA 1 Amanatul Ummah Surabaya students. This study used themethod Pre- Experimental Design with the one group pretest-posttest design type. The research sample consisted of 25 students and were given treatment in the form of learning problemassisted by GeoGebra by giving pretest and posingposttest in learning before using GeoGebra and after using GeoGebra. Sheets pretest and posttest,student activity observation sheet, and a student questionnaire responses are used as an instrument in this study.
Based on the Wilcoxon test, it shows that there is a significant effect on the results of this study in the form of an increase in students' concept understanding, critical thinking, and adaptive reasoning abilities because the N-gain of concept understanding is 0.18, critical thinking is 0.10, and adaptive reasoning is 0.08 which are classified as low. The results of the data normality test obtained a significance understanding of the concept of 0.008, 0.009 of critical thinking, and 0.001 of adaptive reasoning, with all data valued at <0.05, the data were not normally distributed so thenon-parametric Kruskal-Wallistest was performed. From the non-parametric Kruskal-Wallis test, the Asymp.Sig. 0.068 and 0.068> 0.05. This shows that there is no significant difference between understanding concepts, critical thinking, and students' adaptive reasoning after being given treatment in the form of GeoGebra-assisted problem posing learning. The results of observations of student activities showed that student activity was active during the implementation of learning problem-posing assisted by GeoGebra. The results of the student response questionnaire showed a positive response to GeoGebra-assisted problem posing learning from all aspects.
Keywords: Learning Problem Posing, Concept Understanding, Critical Thinking, Adaptive Reasoning, GeoGebra.