Mengeksplorasi Keterlibatan Siswa Terhadap Umpan Balik Korektif Tidak Langsung dalam Menulis Report Text
Umpan balik korektif tidak langsung adalah tipe umpan balik yang mengharuskan siswa untuk memahami tanda tertulis dari guru dan merevisi secara mandiri. Keterlibatan siswa dalam umpan balik korektif tidak langsung adalah hal yang penting untuk diketahui. Fokus penelitian ini ditujukan pada satu kelas siswa sekolah menengah kejuruan pada jurusan multimedia kelas X. Menulis teks report adalah kegiatan yang berlangsung dalam penelitian ini. Selain itu, penerapan penelitian kualitatif dilaksanakan untuk pengumpulan data-data siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari tiga keterlibatan siswa pada keterlibatan afektif, perilaku, dan kognitif. Menelusuri isu yang ada, dokumentasi draft siswa dan wawancara semi terstruktur dilaksanakan dalam penelitian ini. Ditemukan bahwa siswa secara afektif, perilaku, dan kognitif terlibat dengan umpan balik korektif tidak langsung yang dilaksanakan oleh guru. Meskipun sedikit dari siswa memiliki perspektif yang berbeda terkait dengan umpan balik yang telah diterapkan.
Indirect corrective feedback is the type of feedback that requires the students to understand the teacher’s signs, and they should understand the feedback independently. This study aims to determine the process of students’ three aspects of engagement involve affective, behavior, and cognitive engagement. It is significant to discover the engagement of students concerning indirect corrective feedback to explore how the teacher and students’ relationship happened. Specifically, this study mainly focused on one class of vocational high school students in multimedia class grade X. Writing a report text was the activity occurring in the study. Furthermore, this study used qualitative research to explore the students’ process in a writing activity. This study had two instruments documentation of students’ drafts and semi-structured interview. The study found that students were affectively, behaviorally, and cognitively engaged in the teacher’s indirect corrective feedback. Although, a few students had different perspectives related to the implemented feedback.