Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Media pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang berkualitas baik pada materi permutasi dan kombinasi kelas XII SMA, serta mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran permutasi dan kombinasi berbasis android.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran permutasi dan kombinasi. Media pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap Implementation, dan tahap evaluation. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 5 siswa kelas XII dan 30 siswa kelas 11 dengan 15 siswa kelas implementasi dan 15 siswa kelas nonimplementasi. Dalam penelitian ini meggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. media pembelajaran dikatakan valid karena semua validator memberikan nilai minimal 3 untuk setiap aspek penilaian dengan skala 1-4. Media pembelajaran dikatakan praktis karena aktivitas guru menggunakan media pembelajaran dalam kelas sangat baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif. Media pembelajaran dikatakan efektif karena ketuntasan belajar secara klasikal tercapai, serta terdapat perbedaan yang signifikan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran.
Berdasarkan analisis deskriptif pada kelas uji coba dan kelas implementasi diperoleh bahwa media pembelajaran permutasi dan kombinasi berbasis android dapat dikatakan media yang layak, dan media pembelajaran berbasis android merupakan media pembelajaran yang efektif karena hasil tes peningkatan pemahaman siswa tuntas secara klasikal, serta terdapat perbedaan yang signifikan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran.
This study aims to describe the process of developing instructional media and produce good quality Android-based instructional media on permutation and combination materials of class XII high school. and describe the effectiveness of permutation and combination instructional media based on Android.
This type of research is development research. The instructional media developed in this study are android-based instructional media for permutation and combination learning. Instructional media is developed using ADDIE development model which consists of five stages, namely the analysis stage, the design stage, the development stage, the Implementation stage, and the evaluation stage. The research subjects for the trial class were 5 students of class XII and 30 11th grade students with 15 implementation class students and 15 nonimplementation class students. In this study using descriptive analysis.
Based on the results of descriptive analysis, it was found that the instructional media developed were of good quality because they met valid, practical and effective criteria. Instructional media is said to be valid because all validators give a minimum value of 3 for each aspect of the assessment with a scale of 1-4. Instructional media are said to be practical because teacher activities using instructional media in class are very good and student activities meet active criteria. Instructional media are said to be effective because classical learning completeness is achieved, and there are significant differences with students who do not use instructional media.
Based on descriptive analysis on the test class and the implementation class it is found that instructional media android-based permutation and combinations can be said to be feasible media, and instructional media android-based are effective instructional media because the test results of increasing students' understanding of completeness are classically complete, and there are significant differences with students who do not use learning media.