Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisis tentang program sekolah dalam upaya meningkatkan minat, bakat, dan potensi kecerdasan multiple intelligences peserta didik di SD plus mutiara ilmu pandaan. Program sekolah dilakukan melalui multiple intelligences reseach yang yang dilakukan saat pendaftaran peserta didik baru yang dilakukan setiap 10 peserta didik baru yang dilakukan oleh 10 staff sekolah terpilih dengan menggunakan alat instrument MIR dari next edu, yang hasilnya akan dikeluarkan oleh pihak next edu, yang merupakan test untuk mengetahui 8 kecerdasan peserta didik dan ditopang dengan 13 ekstrakulikuler yang dapat mengembangkan potensi, minat, dan bakat perserta didik salah satunya ekstrakulikuler tarbiyah yang dimana peserta didik akan memilih ekstrakulikuler sesuai dengan kemauan yang di pilih berdasarkan angket dengan instrument bergambar dan ilustrasi dari para mentor dan dilaksanakan setiap hari kamis dan jumat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini yaitu multiple intelligences research (MIR) yang diintegrasikan dalam 13 program ektrakulikuler yang mempunyai faktor penting dalam mencari 8 kecerdasan siswa dan mengembangkan potensi, minat, dan bakat peserta didik.
These programs started from new students’ enrollment moment. Each 10 new students will be checked by 10 school staffs using MIR instrument from Next Edu Institute. This test is being used for knowing are the students can reach the 8 students' intelligences standards, supported by 13 extracurriculars that can developing students' interests and talents, one of those is Tarbiyah Extracurricular. Students will choose these extracurriculars according students' willingness and considering questionnaires; contain illustrated instruments from their mentors, which were filled by them every on Thursday and Friday.This research has used qualitative approach with descriptive method and case study research design. The collecting data techniquehas used interview; observation; and documentation study. The data was being analyzed by data condensation; data serving; and data verification. The data validity checking has used by credibility; transferability; dependability; and conformability.The result of this research is, there are Multiple Intelligences Research (MIR) is being integrated on 13 extracurriculars program, which have important factor in order looking for the 8 students intelligences and developing interest's and talent's potential of students so they can be appropriate with school's and parents' expectation.