RANCANG BANGUN SISTEM SMART TRAFFIC LIGHT MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE
DESIGN OF SMART TRAFFIC LIGHT BY USING EUCLIDEAN DISTANCE METHOD
Sistem manajemen lalu lintas yang ada pada persimpangan lalu lintas di jalan kecil tidak memiliki kemampuan untuk memberikan efisiensi waktu dalam berkendara. Pada persimpangan daerah perkampungan, ditemukan bahwa pengemudi kendaraan sering mengantri di persimpangan namun belum ada keefektifan dalam mengoptimalkan waktu tunggu sesuai dengan volume kendaraan yang mengantri di jalur berikutnya karena sistem yang digunakan masih konvensional. Penelitian ini mengembangkan sistem Smart Traffic Light yang dapat mengoptimalkan arus lalu lintas pada persimpangan kecil atau penghubung jalur lalu lintas antar desa dengan menggunakan sensor Inframerah yang ditempatkan pada jarak tertentu untuk mendeteksi keberadaan kendaraan di setiap jalur. Sistem dapat mengatur durasi lampu hijau berdasarkan pembacaan sensor inframerah secara real-time. Data dari sensor dianalisis menggunakan metode perhitungan Euclidean Distance untuk menentukan kondisi kepadatan lalu lintas berdasarkan tiga cluster, yaitu kondisi sepi, sedang, dan padat. Setiap 1-2 sensor terbaca menghasilkan lampu hijau selama 7 detik, 3-4 sensor terbaca menghasilkan lampu hijau selama 10 detik, dan 5-6 sensor terbaca menghasilkan lampu hijau selama 15 detik. Hasil pengujian kinerja dan fungsionalitas sistem memiliki tingkat kesesuaian sebesar 100%. Hal ini membuktikan bahwa sistem smart traffic light dapat digunakan secara efektif dan baik. Sebanyak 71,8% dari seluruh hasil perhitungan dapat membantu dalam menentukan kondisi kepadatan lalu lintas. Sehingga, dengan adanya metode Euclidean Distance dapat membantu proses analisa kondisi kepadatan kendaraan yang sebenarnya sesuai dengan banyaknya sensor inframerah yang terdeteksi.
The existing traffic management system at traffic intersections on small roads lacks the ability to provide efficient driving time. At village intersections, it is found that vehicle drivers often queue at the intersection but there is no effectiveness in optimizing waiting time according to the volume of vehicles queuing in the next lane because the system used is still conventional. This research develops a Smart Traffic Light system that can optimize traffic flow at small intersections or connecting traffic lanes between villages by using Infrared sensors placed at a certain distance to detect the presence of vehicles in each lane. The system can set the duration of the green light based on real-time infrared sensor readings. Data from the sensors is analyzed using the Euclidean Distance calculation method to determine traffic density conditions based on three clusters, namely quiet, medium, and congested conditions. Every 1-2 sensors read produces a green light for 7 seconds, 3-4 sensors read produces a green light for 10 seconds, and 5-6 sensors read produces a green light for 15 seconds. The results of testing the performance and functionality of the system have a 100% conformity rate. This proves that the smart traffic light system can be used effectively and well. A total of 71.8% of all calculation results can help in determining traffic density conditions. So, the Euclidean Distance method can help the process of analyzing the actual vehicle density conditions according to the number of infrared sensors detected.