PENGARUH MEDIA BAHAN BEKAS KEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI
ANAK KELOMPOK B DI TK DWP PADEMONEGORO
SUKODONO SIDOARJO
THE INFLUENCE OF USED PACKAGING MATERIAL MEDIA ON LITERACY AND NUMERACY OF GROUP B CHILDREN IN KINDERGARTEN DWP PADEMONEGORO SUKODONO SIDOARJO
ABSTRAK
Khoirunnisa, Ainul. 2023. Pengaruh Media Bahan Bekas Kemasan Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Kelompok B di TK DWP Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Hendratno,M.Hum., dan (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Bahan Bekas Kemasan, kemampuan literasi, kemampuan numerasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bahan bekas kemasan terhadap kemampuan literasi dan numerasi anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Pademonegoro Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pendahuluan yang menunjukkan bahwasanya sebagian besar anak mengalami hambatan dalam mengenal huruf dan angka.
Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Model rancangan eksperimen yang digunakan adalah Model Quasi Eksperiment dengan satu macam perlakuan. Subyek penelitian adalah 68 anak usia 5-6 di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Pademonegoro. Kelompok eksperimen terdiri dari kelompok B (Matahari) sebanyak 17 anak, kelompok B (Pelangi) sebanyak 17 anak. Kelompok kontrol terdiri kelompok B (Bintang) sebanyak 17 anak, kelompok B (Bulan) sebanyak 17 anak. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi dan instrument penelitian.
Data penelitian dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji paired t test dengan tingkat signifikan (sig) lebih kecil dari 5% (0.05). Hasil analisis data menujukkan bahwa ada pengaruh media bahan bekas kemasan terhadap kemampuan literasi dan numerasi anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Pademonegoro Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Implikasi dari penelitian ini diharapkan pendidik dapat memaksimalkan media pembelajaran ini sebagai sumber belajar yang variatif, dimasa implementasi kurikulum merdeka dan sebagai sumber referensi, karena media pembelajaran tersebut lebih alamiah dan menyenangkan dalam pembelajaran dengan menggunakan media yang mudah didapatkan dan anak dapat bereksplorasi dan berkolaborasi.
ABSTRACT
Khoirunnisa, Ainul. 2023. The Influence of Used Packaging Material Media on Literacy and Numeracy of Group B Children in Kindergarten DWP Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Thesis, Master of Basic Education Study Program, PAUD Concentration, Faculty of Education, Surabaya State University. . Supervisor: (1) Dr. Hendratno, M. Hum., and (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: Used Packaging Media, literacy skills, numeracy skills
This study aims to determine the effect of used packaging media on the literacy and numeracy abilities of group B children in Pademonegoro Unity Dharma Wanita Kindergarten, Sukodono District, Sidoarjo Regency. This research is motivated by the results of preliminary observations which show that most children experience obstacles in recognizing letters and numbers.
The research was carried out through a quantitative approach with an experimental design. The experimental plan model used is the Quasi Experimental Model with one kind of treatment. The research subjects were 68 children aged 5-6 in Pademonegoro Dharma Wanita Kindergarten. The experimental group consisted of 17 children in group B (Sun) and 17 children in group B (Rainbow). The control group consisted of 17 children in group B (Stars), 17 children in group B (Months). Research data was collected through observation techniques, documentation and research instruments.
The research data were analyzed statistically using parametric statistical tests, namely the paired t test with a significant level (sig) less than 5% (0.05). The results of the data analysis show that there is an influence of used packaging materials on the literacy and numeracy abilities of group B children in the Dharma Wanita Association of Pademonegoro Kindergarten, Sukodono District, Sidoarjo Regency. The implications of this research are that educators are expected to be able to maximize this learning media as a varied learning resource, during the implementation of the independent curriculum and as a reference source, because learning media is more natural and fun in learning by using media that is easily available and children can explore and collaborate.