Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar pada materi
simpanan giro di kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 2 pada tahun
pelajaran 2017/2018 yang ditunjukkan melalui hasil dokumentasi hasil belajar
sebesar 44% atau lebih dari 7 siswa belum memperoleh nilai diatas Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni sebesar 75. Hal ini disebabkan karena guru belum melaksanakan pembelajaran
sesuai sintak model pembelajaran Group to
Group Exchange yakni pada tahap pembentukan kelompok secara heterogen.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka peneliti ingin melakukan
penelitian dengan penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE)
pada mata pelajaran perbankan dasar sesuai dengan sintaknya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, dimana subjeknya adalah seluruh siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri
4 Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar serta respon siswa dalam
penerapan model pembelajaran Group to
Group Exchange (GGE). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, tes dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) pada mata pelajaran
perbankan dasar melalui pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan guru pada
siklus I memperoleh presentase sebesar 72% dan pada siklus II meningkat sebesar
90% dengan kriteria memahami. Hasil belajar yang diperoleh siswa terbukti
melalui perolehan presentase pada siklus I sebesar 62,85% kemudian meningkat
pada siklus II sebesar 88,57%. Respon siswa melalui penerapan model GGE
mendapatkan respon positif dengan perolehan presentase sebesar 71,42% dan pada
siklus II memperoleh presentase sebesar 88,57%.
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group to Group
Exchange (GGE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dan
Keuangan Lembaga pada mata pelajaran perbankan dasar yakni dengan cara
melibatkan siswa dalam bentuk pengelompokan secara heterogen untuk mempelajari
topik yang berbeda – beda, melakukan presentasi, tanya jawab dan evaluasi
bersama dengan siswa lain.
Kata
kunci : Model pembelajaran, Group to Group Exchange , GGE, Hasil
Belajar.