Persepsi Guru Bahasa Inggris tentang Pelaksanaan Kegiatan Pra-Membaca di Kelas Membaca Online
EFL Teachers' Perceptions of Implementing Pre-Reading Activities in Online Reading Classes
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru yang meliputi jenis-jenis pra-membaca online yang biasanya digunakan, keuntungan dari kegiatan pra-membaca, dan kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kegiatan pra-membaca online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, kuesioner terbuka dan pedoman wawancara semi terstruktur digunakan sebagai instrumen penelitian. Partisipan dalam penelitian ini adalah 8 guru bahasa Inggris dengan pengalaman mengajar 10 sampai 15 tahun dari beberapa SMA di Lamongan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para guru biasanya menggunakan kegiatan pra-membaca online: melihat pratinjau, memprediksi, menanya, menulis pengalaman pembaca, mengenali struktur teks, membaca pendahuluan dan kesimpulan, peta semantik, dan pengenalan kosa kata. Para guru percaya bahwa kegiatan ini berdampak positif bagi guru dan siswa di kelas membaca online, khususnya untuk mendukung siswa dalam memahami sebuah teks dan mendorong antusiasme siswa dalam kelas membaca online. Selain itu, kegiatan ini membantu guru dalam menyampaikan materi utama. Disamping itu, guru harus mengevaluasi manajemen waktu dalam melaksanakan kegiatan pra-membaca di kelas membaca online.
This research aimed to find out the teachers’ perceptions, including the kinds of online pre-reading activities commonly used, the advantages of pre-reading activities, and the difficulties faced by the teachers in implementing online pre-reading activities. This study used a descriptive qualitative method. Furthermore, open-ended questions and semi-structured interview guides were used as research instruments. The participant of this study were 8 English teachers with teaching experience from 10 to 15 years from different senior high schools in Lamongan. This study revealed that the teachers commonly used online pre-reading activities: previewing, predicting, questioning, writing the reader’s experience, recognizing the text structure, reading the introduction and conclusion, semantic maps, and vocabulary familiarization. The teachers believed that it positively impacts both teachers and students in online reading classes, specifically to support the students in comprehending a text and encourage students’ enthusiasm in online reading classes. Moreover, these activities helped the teacher in delivering the primary materials. Besides, the teachers should evaluate the time management in implementing pre-reading activities in online reading classes.