EKSPLORASI KEMANDIRIAN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM DINOYO MOJOKERTO
EXPLORATION OF THE INDEPENDENCE OF STUDENTS AT THE NURUL ULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN DINOYO, MOJOKERTO
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah kajian literatur review yang membahas tentang penggunaan media yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kemandirian individu terutama untuk santri Pondok Pesantren Nurul Ulum. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Dinoyo Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian yang relevan dari jurnal, buku, dan sumber-sumber terpercaya lainnya. Sumber-sumber ini dipilih berdasarkan relevansinya terhadap topik penggunaan media dalam pendidikan pesantren dan pengembangan kemandirian santri. Hasil penelitian ini menyediakan beberapa pilihan media yang bisa digunakan santri Pondok Pesantren Nurul Ulum untuk membantu meningkatkan kemandiriannya. Pemilihan media yang akan digunakan harus sesuai dengan keadaan individu agar media tersebut bisa membantu secara optimal.
Kata kunci : Kemandirian, Pengembangan media
The aim of this research is to create a literature review that discusses the use of media that can be used to help increase individual independence, especially for students at the Nurul Ulum Islamic Boarding School. This research was conducted at the Nurul Ulum Dinoyo Islamic Boarding School, Mojokerto. The data collection technique used is collecting and analyzing various relevant research from journals, books and other trusted sources. These sources were selected based on their relevance to the topic of media use in Islamic boarding school education and developing students' independence. The results of this research provide several media options that Nurul Ulum Islamic Boarding School students can use to help increase their independence. The choice of media to be used must be appropriate to individual circumstances so that the media can help optimally.
Keywords : Independence, Media development