Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan dari segi; (1) kevalidan, (2) kepraktisan, (3) keefektifan produk media big book untuk memvisualisasikan konsep teks narasi melalui membaca bersama pada siswa tunagrahita ringan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu definition, design, development, dan dissemination. Pengembangan media big book ini dilakukan berdasarkan 3 tahap tanpa dissemination. Pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian pengembangan media big book yaitu teknik analisis data hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil produk pengembangan ini adalah media big book untuk siswa tunagrahita ringan dalam memvisualisasikan konsep teks narasi melalui membaca bersama.
Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli media 99,28%; (2). Ahli materi 98,94%; (3). Ahli tunagrahita 97,89%. Hasil uji kepraktisan memperoleh hasil dari respon pengguna yaitu guru 98,33%, dan respon pengguna peserta didik memperoleh hasil 89,25%. Hasil uji keeektifan menggunakan uji gain dan memperoleh hasil 0,6. Hasil analisis dari pengembangan media big book yang diperoleh dari uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yaitu uji kevalidan memperoleh hasil penilaian dari para ahli dengan kategori sangat valid, uji kepraktisan memperoleh hasil dengan kategori sangat praktis, dan uji keefektifan dengan melakukan kegiatan pretest dan posttest memperoleh hasil dengan kategori sedang. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan media big book untuk memvisualisasikan konsep teks narasi melalui membaca bersama pada siswa tunagrahita ringan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
This study aims to describe the feasibility in terms of; (1) validity, (2) practicality, (3) the effectiveness ofmedia products big book to visualize the concept of narrative text through reading together in mild mental retardation students. This research and development uses a 4-D development model consisting of four stages, namely definition, design, development, and dissemination. The development of thismedia big book is based on 3 stages without dissemination. Data collection using observation, questionnaires, and tests. The data analysis technique carried out in themedia development research big book is the data analysis technique which results from the validity test, practicality, and effectiveness. The results of this development product aremedia big book for mild mentally retarded students in visualizing the concept of narrative text through reading together.
Based on validity tests from several experts, results were obtained; (1). Media expert 99.28%; (2). Material expert 98.94%; (3). Expert on mental retardation 97.89%. The practicality test results obtained results from the user's response, namely the teacher 98.33%, and the response of the users of the students obtained 89.25%. The results of the effectiveness test used thetest gain and obtained a result of 0.6. The results of the analysis of themedia development big book obtained from the validity test, practicality, and effectiveness, namely validity test obtained the results of evaluations from experts with very valid categories, practicality tests obtained results with very practical categories, and effectiveness test byactivities. pretest and posttest obtainingresults with medium categories. And it can be concluded that the development of themedia big book to visualize the concept of narrative text through reading together in mild mental retardation students is valid, practical, and effective in learning activities.