Persimpangan jalan adalah suatu daerah umum dimana dua atau lebih ruas jalan saling bertemu atau berpotongan yang mencakup fasilitas jalur jalan dan tepi jalan, dimana lalu lintas dapat bergerak di dalamnya. Pengendalian arus lalu lintas ditetapkan melalui aturan lalu lintas yang diatur oleh lampu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan waktu tunggu kendaraan di persimpangan lampu lalu lintas dimana persimpangan Polisi Istimewa terdiri dari 4 jalan yaitu jalan Raya Darmo (utara), Jalan Polisi Istimewa, Jalan Raya Darmo (selatan) dan jalan Dr. Soetomo dimana lampu lalu lintas Polisi Istimewa memiliki satu siklus yang terdiri dari tiga fase. Data diambil pada 17 Januari 2019 pada pukul 10.00-10.30. Analisa data volume kendaraan di persimpangan lampu lalu lintas Polisi Istimewa berdistribusi Poisson mengginakan software SPSS 22.
Pada skripsi ini, hasil analisa kapasitas kendaraan pada jalan Raya Darmo Selatan adalah 54 mobil dan 100 motor, jalan Raya Darmo Utara menuju Raya Darmo Selatan pada fase pertama 36 mobil dan 75 motor, jalan Raya Darmo Utara menuju jalan Dr. Soetomo adalah 13 mobil dan 38 motor, untuk jalan Raya Darmo Utara pada fase kedua 26 mobil dan 38 motor, jalan Dr. Soetomo dan jalan Polisi Istimewa adalah 22 mobil dan 32 motor.
Kata kunci : Teori Antrian, Distribusi Poisson, Persimpangan Lampu lalu Lintas, waktu tunggu kendaraan, Polisi Istimewa
Road intersection is a public area where two or more road segmentation or intersect which includes facilities for road and roadside, where traffic can move inside. Control of traffic flow is determined through traffic rules governed by traffic lights. This study aims to minimize vehicle waiting time at the traffic lights intersection where intersection Polisi Istimewa consists of 4 roads namely Jalan Raya Darmo (north), Jalan Polisi Istimewa, Jalan Raya Darmo (south) and road Dr. Soetomo, where the Polisi Istimewa traffic lights have one cycle consisting of three phases. Data was taken on January 17, 2019 at 10:00-10.30. Analysis of vehicle volume data at the intersection of traffic lights with Poisson distribution using SPSS 22 software.
In this thesis, the results of the analysis of vehicle capacity on the Jalan Raya Darmo Selatan are 54 cars and 100 motorcycles, Jalan Raya Darmo Utara to Raya Darmo Selatan in the first phase of 36 cars and 75 motorcycles, Jalan Raya Darmo Utara heading to Dr. Soetomo is 13 cars and 38 motorbikes, for the Jalan Darmo Utara in the second phase 26 cars and 38 motorbikes, Dr. Soetomo and the Polisi Istimewa Road are 22 cars and 32 motorbikes.
Keywords: Queue Theory, Poisson Distribution, Traffic Light Intersection, vehicle waiting time, Polisi Istimewa