PERMAINAN MOZAIK BAHAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR BINATANG BAGI ANAK AUTIS
MOZAIK GAME NATURAL MATERIALS ON IMPROVING DRAWING SKILLS ANIMALS FOR AUTISM CHILDREN
Abstrak
Anak autis memiliki hambatan pada motorik halus,pengaruhnya pada aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan mozaik bahan alam terhadap peningkatan keterampilan menggambar binatang bagi anak autis. Saat ini ada banyak penelitian yang sudah dilakukan dalam permainan mozaik untuk anak autis. Permainan mozaik sudah dikaitkan dengan bahan yang dapat merangsang motorik halus anak autis. Permainan mozaik untuk anak autis mencakup hal-hal yang berkaitan dengan menulis, mewarnai, menggunting,dan menempel. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literatur riview.Teknik dan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Sumber penelitian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data diperoleh dari buku,artikel ilmiah nasional dan internasional. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya langkah-langkah permainan mozaik untuk anak autis dengan gangguan motrotik halus terhadap peningkatan keterampilan menggambar binatang bagi anak autis. Permainan mozaik saat ini mengalami pengembangan dalam kajian tinjauan literatur yang relevan sejak tahun 2011 sampai saat ini dan meneliti trend baru.
Kata kunci: permainan mozaik, motorik halus, anak autis
Abstract
Autistic children have barriers to fine motor skills, their effects on learning activities and outcomes. This study aims to describe the natural mosaic game of animals to improve animal drawing skills for children with autism. Currently there are many studies that have been done in mosaic games for autistic children. Mosaic games have been linked to materials that can stimulate the fine motor skills of autistic children. Mosaic games for autistic children include things related to writing, coloring, cutting, and sticking. The research method used in this study is the literature review method. The technique and data collection used in this study is the documentation method. Sources of research needed to collect data were obtained from books, national and international scientific articles. The results of this study are the mosaic game steps for autistic children with subtle motive disorders to improve the drawing skills of animals for children with autism. The mosaic game is currently developing in a review of relevant literature reviews from 2011 to the present and researching new trends.
Keywords: mosaic game, fine motor skills, autistic children