PENGEMBANGAN MODUL TRAINER SENSOR UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN KENDALI DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA
MODULE DEVELOPMENT OF TRAINER SENSOR TO SUPPORT INSTRUMENTATION AND CONTROL COURSE IN MECHANICAL ENGINEERING DEPARTMENT OF UNESA
Penggunaan mesin otomatis di industri dapat mengurangi adanya kecelakaan kerja, sehingga pekerjaan akan menjadi efektif dan efisien. Adanya trainer sensor tetapi belum disediakannya modul atau panduan praktikum trainer sensor. Sehingga belum ada aktivitas praktik yang dilakukan mahasiswa dalam menggunakan trainer sensor. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul trainer sensor dan mengetahui kelayakan modul serta respon dosen dan mahasiswa mengenai modul trainer sensor.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam mengukur kelayakan modul dibutuhkan hasil angket dari dosen ahli pada aspek materi, bahasa, dan desain serta untuk mengetahui respon, baik dari dosen maupun mahasiswa digunakan lembar angket respon dosen dan mahasiswa.
Penelitian ini menghasilkan modul trainer sensor yang mendapatkan total rata-rata kelayakan sebesar 3,71 dari dosen ahli materi, bahasa, dan desain. Nilai tersebut kategori sangat layak. Modul trainer sensor mendapatkan respon dosen yang sangat baik dengan rata-rata 3,46. Sedangkan dari respon mahasiswa didapatkan hasil 3,67 yang termasuk kategori sangat layak. Oleh karena itu, modul trainer sensor layak untuk dimanfaatkan dalam mata kuliah Instrumentasi dan Kendali di Jurusan Teknik Mesin, Unesa.
The use of automatic machines in industry can reduce work accidents, so the work will be effective and efficient. There is trainer sensor, but there is no modul or practicum guide using trainer sensor. So there are in pratical activities carried out by students in using trainer sensor. This reaserch aims to create a trainer sensor module and determine the feasibility of the module, as well as the response of lecturers and students to the use of the trainer sensor module.
This research uses the ADDIE development model, which consist of 5 stages, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. In measuring the feasibility of the module, it takes the result of a questionnaire from expert lecturers on the material, language and design aspects as well as to find out the responses of both lecturers and students the questionnaire response from lecturers and students are used.
This research resulted in a trainer sensor module that got total average of 3,71 from the expert lecturers who were material, language, and design experts. This value is included in the very feasible category. Trainer sensor module got a very good lecturer response with an average of 3,46. Meanwhile, student responses got a total average of 3,67 which was included in the very good category. Therefore, the trainer sensor module is feasible to use in Instrumentation and Control courses at the Department of Mechanical Engineering, Unesa.
Keywords: Trainer Sensor Module, Modul Feasibility, Response.