PROFILE OF SELF EFFICACY IN FINAL YEAR STUDENTS
Pada tingkat akhir mahasiswa memerlukan adanya efikasi diri agar dapat menghadapi tugas akhir dengan baik. Efikasi diri diperlukan agar mahasiswa dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengerjakantugas akhir yang sedang dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri yang diadaptasi dari skala miliki Jerusalem dan Schwager Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan 60 sampel. Dengan populasi mahasiswa tingkat akhir di universitas X jurusan X Metode penelitian menggunakan metode penelitian yakni metode kuantitatif deskriptif. Teknik analisa yang digunakan adalah mean empirik dan uji tabulasi silang, data diolah menggunakan SPSS 29. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah profil efikasi diri pada mahasiswa memiliki presentase yang sangat tinggi sebesar 43.3%, tinggi sebesar 38.3%, cukup sebesar 15 % dan rendah sebesar 3.3% dan sangat rendah sebesar 0%, dalam penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa pada mahasiswa universitas X jurusan X tidak memiliki efikasi diri yang sangat rendah.
At the final level, students need self-efficacy in order to face the final assignment well. Selfefficacy is needed so that students can make the right decisions in working on the final assignment that is being done. This study aims to determine the profile of self-efficacy in final year students. The research instrument used in this study used a self-efficacy scale adapted from Jerusalem and Schwager's scale. The data collection technique used purposive sampling with 60 samples. With a population of final year students at university X majoring in X The research method uses a research method, namely descriptive quantitative method. The analysis technique used is the empirical mean and cross tabulation test, the data is processed using SPSS 29. The results obtained in this study are that the profile of self-efficacy in students has a very high percentage of 43.3%, high by 38.3%, sufficient by 15% and low by 3.3% and very low by 0%, in this study it was found that students at university X majoring in X did not have very low self-efficacy.