Hubungan Kebermaknaan Kerja dan Keterikatan Kerja pada Guru
Relationship between Meaningful Work and Work Engagement in Teachers
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebermaknaan kerja dan keterikatan kerja pada guru SMKN “X.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif korelasi dengan teknik sampling jenuh. Subjek penelitian berjumlah 39 orang guru SMKN “X.” yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan masa kerja minimal 2 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kebermaknaan kerja dan skala keterikatan kerja. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,791 (r=0,791) dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan data tersebut ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebermaknaan kerja dan keterikatan kerja pada guru SMKN “X.” Hubungan positif dan signifikan berarti semakin tinggi kebermaknaan kerja maka semakin tinggi keterikatan kerja pada guru. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah kebermaknaan kerja maka semakin rendah pula keterikatan kerja pada guru.
This study aimed to determine the relationship between meaningful work and work engagement among teachers at SMKN "X.” The method used in this research is a quantitative correlation method with a saturated sampling technique. The research subjects were 39 teachers at SMKN "X" with status as Civil Servants (PNS) with a minimum working period of 2 years. Collecting data in this study uses a scale of meaningful work and work engagement. Data analysis in this study used the Pearson Product Moment correlation with a correlation coefficient of 0.791 (r=0.791) and a significance value of 0.000 (p<0.05). Based on these data, it was found that there was a positive and significant relationship between the meaningful work and work engagement for teachers at SMKN "X.” . Positive and significant relationship means that the higher the meaningfulness of work, the higher the work engagement of the teacher. The lower the meaningfulness of work, the lower the work engagement.