PENERAPAN PENILAIAN ANTAR TEMAN DALAM KEMAMPUAN BERBICARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
APPLYING PEER ASSESSMENT IN SPEAKING SKILLS
TO PROMOTE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) IN AN ONLINE LEARNING
ABSTRAK
Wulandari, Ika. 2021. Applying Peer Assessment in Speaking Skills to Promote Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) in an Online Learning. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1): Dr. Oikurema Purwati, M.A., M.Appl., and Pembimbing (2): Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Kata-kata kunci: Penilaian antar teman, Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Pembelajaran online
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan penilaian antar teman dalam kemampuan berbicara untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran online. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah tentang langkah-langkah guru dalam pelaksanaan penilaian antar teman, keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa ketika melakukan kegiatan penilaian, dan respon siswa terhadap kegiatan tersebut.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan satu guru Bahasa Inggris dan dua belas siswa Sekolah Menengah Kejuruan sebagai subjek penelitian. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi online, analisa dokumen, wawancara, dan kuesioner untuk menjawab ketiga pertanyaan penelitian.
Hasilnya menunjukkan bahwa; pertama, langkah-langkah yang digunakan guru dalam kegiatan penilaian antar teman secara online dimodifikasi dan tidak secara kaku mengikuti teori; kedua, standar penampilan tertinggi yang dicapai siswa adalah cukup untuk keterampilan menganalisa, sangat baik untuk ketrampilan mengevaluasi, dan butuh perbaikan untuk keterampilan mencipta, yang berarti bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa belum secara maksimal berkembang selama penerapan penilaian antar teman; ketiga, sebagian besar siswa memberi respon positif dan mendapat lebih banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.
Kesimpulannya, dalam penerapan penilaian antar teman dalam kemampuan berbicara untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran online, guru Bahasa Inggris tidak harus mengikuti langkah-langkah berdasarkan teori secara kaku, sebaliknya, guru dapat memodifikasinya dengan menyesuaikan ketersediaan waktu, kemampuan Bahasa Inggris siswa, media pembelajaran online, dan tugas pembelajaran untuk mencapai hasil maksimal untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu, penerapan penilaian antar siswa dapat diterapkan sebagai model penilaian alternatif yang berbasis HOTS jika dipersiapkan dan dilaksanakan secara tepat.
ABSTRACT
Wulandari, Ika. 2021. Applying Peer Assessment in Speaking Skills to Promote Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) in an Online Learning. Thesis. Language and Literature Education. Master Degree. Advisor (1): Dr. Oikurema Purwati, M.A., M.Appl., and Advisor (2): Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.
Keywords: Peer Assessment, Higher Order Thinking Skills, Online Learning
This study aims to investigate the implementation of peer assessment in speaking skills to promote students’ higher-order thinking skills (HOTS) in online learning. The research questions are about the teachers’ steps in implementing the peer assessment, the extent of the students’ HOTS when they conduct the instruction, and the students’ responses towards its application.
This study employed a qualitative research design with one English teacher and twelve students of the vocational school as the participants. In collecting the data, this study used online observation, document analysis, interview, and questionnaire to answer the three research questions.
The results revealed that; first, the steps applied by the teacher during the online peer assessment were modified and not rigidly followed the theory; second, the highest number of the standard of performance achieved by the students were sufficient for analysis skill, excellent for evaluation skill, and need improvement for creation skill which meant that their HOTS have not maximally promoted during the implementation of online peer assessment; third, most students gave positive responses and gained more benefits from the instruction.
In sum, in applying peer assessment in speaking skills to promote the students’ HOTS in online learning, English teachers do not need to follow the stages according to the theory rigidly, otherwise, they can modify them by adapting the time availability, the students’ comprehension level, the online teaching media, and the learning task to achieve the maximum result to promote the students’ HOTS. Additionally, the implementation of peer assessment can be potentially applied as a model of HOTS-based alternative assessment if it is prepared and done properly.