ABSTRAK
Wahyuni, Sri
Endang. 2021. Hubungan
Pendidikan Kecakapan hidup dengan Minat Belajar dan Motivasi Wirausaha Peserta
Didik Program Kesetaraan di PKBM Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo . Tesis, Program Studi Pendidikan Luar
Sekolah, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. I Ketut
Atmaja Johny Artha, M.Kes. dan (II) Dr. Soedjarwo, M.S.
Kata-kata Kunci: Pendidikan kecakapan hidup, Minat belajar,
Motivasi wirausaha
Kontribusi pendidikan kecakapan hidup berpeluang
mempengaruhi minat belajar dan motivasi wirausaha peserta didik kesetaraan
paket C. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pendidikan kecakapan hidup dengan minat belajar dan motivasi
kewirausahaan peserta
didik program kesetaraan di PKBM Kecamatan Paiton Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kesetaraan
di kecamatan Paiton dengan total 700 peserta didik. 125 sampel dipilih dari
peserta didik PKBM Al Fatih dan Nurul Falah, sehingga total sampel yang
digunakan adalah 250 peserta didik. Instrumen pengukuran menggunakan kuesioner
tertutup pada variabel pendidikan kecakapan hidup, minat belajar, dan motivasi
wirausaha. Analisis data ordinal diubah menjadi interval menggunakan metode MSI
(method succesive interval )
menggunakan microsoft excel , kemudian
dilakukan uji regresi linear sederhana menggunakan
aplikasi SPSS
Data penelitian menunjukkan 55,6% sampel yang mengikuti penelitian
adalah laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Sebaran usia sampel paling
banyak terletak pada rentang 20-29 tahun dengan 34,8%, diikuti oleh rentang
usia 30-39 tahun dengan 33,2%, dan paling sedikit diikuti oleh rentang usia
lebih dari 49 tahun dengan 4%. 33 kuesioner menunjukkan hasil yang valid (p < 0,05) dengan
tingkat reliabilitas sangat kuat (0,887). Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan
bahwa pendidikan kecakapan hidup berpengaruh terhadap minat belajar dan
motivasi wirausaha peserta didik kesetaraan (p < 0,05). Kontribusi pengaruh
pendidikan kecakapan hidup terhadap minat belajar adalah 36%, sedangkan pada
motivasi wirausaha mencapai 58,5%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
semakin baik pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup, maka semakin tinggi minat
belajar dan motivasi wirausaha peserta didik kesetaraan paket C