Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo terdapat siswa yang memiliki percaya diri berbicara didepan umum yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik bermain tebak kata untuk meningkatkan percaya diri berbicara di depan umum siswa kelas V SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk deasin yang di gunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket percaya diri berbicara didepan umum. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas V SD Negeri Mliriprowo Sidoarjoyang memiliki percayaan diri berbicara di depan umum rendah. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistic non parametrik analisis wilcoxon.
Hasil analisis menunjukan bahwa nilai Asymp.sig.(2-tailed) = 0,027 lebih kecil dari 𝑎= 0,05. Berdasarkan hasil ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga ada peningkatan skor percaya diri berbicara di depan umum setelah diberikannya bimbingan kelompok, hal ini menunjukan ada perbedaan skor percaya diri sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik bermain tebak kata dapat meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum siswa kelas V.A SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo.
Kata Kunci : Percaya diri, Bimbingan Kelompok, Bermain Tebak Kata
Based on the results of a preliminary study conducted by researchers at SDN MliriprowoSidoarjo, Some students lack the self-confidence to speak in public. This study aims to determine the application of groups guidance technical to guess words to increase self-confidence in public speaking in fifth-grade students of SDN Mliriprowo Sidoarjo.
This type of research is quantitative research with experimental methods. The form of design used in this study was one group pretest and posttest design. The data collection tool used is a confident questionnaire speaking in public. The subjects of this study were 6 fifth grade students of SDN Mliriprowo Sidoarjo which has a lack of self-confidence in public speaking. The data analysis technique used is Wilcoxon non-parametric analysis.
The results of the analysis show that the value of Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.027 is smaller than 𝑎 = 0.05. Based on these results, H0 is rejected and Ha is accepted. Besides, there is also an increase in scores of self-confidence in public speaking after being given group guidance, this shows that there are differences in confidence scores before and after being treated. So that it can be concluded that the guidance group guessing technique can increase the self-confidence of public speaking in fifth-grade students of SDN Mliriprowo Sidoarjo
Keywords: self-Confidence, Groups Guidance, Playing Guess Words