Abstrak
Sumiara, Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV. Tesis, Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Yatim Riyanto, M.Pd, (II) Dr. Suhanadji, M.Si
Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, Model pembelajaran, treffinger.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiemen, desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Research. Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran treffinger, satu kelas hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pretest di kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol hal ini ditunjukkan dengan nilai (0.891)˃ (1.7138) sedangkan untuk kemampuan berpikir kritis pada posttest ada perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai (0,852) ) ˃ (1.7138), dan data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa pada saat pretest di kelas eksperimen sama dengan kelas kontrol hal ini ditunjukkan dengan nilai (0.891)˃ (1.7138) sedangkan untuk hasil belajar pada posttest ada perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai (0,852) ) ˃ (1.7138)) Jadi ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas IV pada subtema keberagaman budaya bangsaku di Sekolah Dasar Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya.
Sumiara, Effect of Treffinger's Learning Model on Critical Thinking Ability and Learning Outcomes of My Nation Cultural Diversity Subtema in Class IV Students. Thesis, Basic Education Study, Postgraduate Program Surabaya State University. Advisor (1) Prof. Yatim Riyanto, M.Pd, (II) Dr. Suhanadji, M.Si.
Keywords: Critical thinking ability, learning outcomes, learning model, treffinger.
This study aims to determine the effect of Treffinger learning models on the ability to think critically and student learning outcomes. This research is an experimental research, the research design used is Quasi Experimental Research. The experimental class that uses treatment using the Treffinger learning model, one class only uses conventional learning models. The data obtained from the results of the students' critical thinking skills at the pretest in the experimental class are the same as the control class. This is indicated by the value of t itung count (0.891) ˃ (1.7138) while for the critical thinking skills at the posttest there are differences in the experimental class and control class with a value of itung t 〗_count (0.852)) ˃ 〖t〗 _ (table) (1.7138), and the research data obtained by student learning results at the pretest in the experimental class are the same as the control class, this is indicated by the value 〖t〗 _count (0.891) ˃ (1.7138) while for the learning outcomes in the posttest there are differences in the experimental class and the control class with a value of 〖t〗 _count (0.852)) ˃ 〖t〗 _ (table) (1.7138)) So there is the influence of the treffinger learning model on ability critical thinking and class IV learning outcomes in the sub-theme of my nation's cultural diversity at Muhammadiyah 24 Ketintang Elementary School Surabaya.