Pengembangan Permainan Make A Match Berbasis Komputer Sebagai Media Pengayaan
Development of Game Make A Match Computer Based as Media Enrichment
Tujuan dalam penelitian ini menganalisis pengembangan permainan Make A Match berbasis komputer, dan menganalisis kelayakan permainan Make A Match berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan merujuk model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. hasil validasi oleh para ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media mendapatkan dari penilaian kelayakan rata-rata penilaian kelayakan sebesar 86,27%. Dari persentase rata-rata tersebut diperoleh dari validasi materi sebesar 90,71%, ahli bahasa sebesar 81,4%, dan ahli media sebesar 86,7%. Dengan demikian media permainan yang dikembangkan dengan permainan Make A Match berbasis komputer sebagai media pengayaan tergolong dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran dalam kegiatan pengayaan bagi siswa.
The purpose of this study to analyze the development process Make A Match computer based and to analyze the feasibility of it as media enrichment. This study provides a type of development Research and Development (R&D) by referring to model of development ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, and also Evaluation. Results of validation by material experts, the linguists and media experts get from the appraisal average worthiness assessment of 86,27%. From the average percentage obtained by material experts of 90,1%, the linguists of 81.4%, and media experts of 86.7%. Therefore, the gaming media is thus developed with Make A Match computer based as an enrichment media classsified as very decent bwing used as a first rate basis for students.