Designing the Digital Magazine "DIGIMAGZ" as an Internal Promotion Media for B2B Digital Business Technology at PT Telkom Indonesia
PT Telkom Indonesia merupakan salah satu Badan usaha milik negara yang bergerak di bidang teknologi, komunikasi, dan layanan seluler. Dilansir dari website PT Telkom Indonesia bahwa Perusahaan Telkom merupakan perusahaan berskala besar dan komplek dengan memiliki 20.000 lebih karyawan dan 100 lebih produk yang dikembangkan. Salah satunya unit Digital Business Technology (DBT) yang memiliki lebih dari 5 produk dalam satu unitnya. Namun dalam promosinya, PT Telkom Indonesia menyediakan website dan social media yang hanya menyoroti satu atau dua produk saja, sehingga probabilitas karyawan untuk mengetahui seluruh produk DBT rendah. Demi mengatasi masalah tersebut diperlukan media promosi yang dapat mencakup lebih banyak produk dalam satu media, agar karyawan dapat mengetahui produk yang dimiliki PT Telkom Indonesia dengan lebih mudah, sehingga probabilitas karyawan untuk mengetahui produk meningkat. Didukung dengan harapan para EVP agar produk dalam DBT saling berkolaborasi, sehingga awareness karyawan tentang produk DBT sangat diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis menggunakan metode Miles & Huberman, serta menggunakan Design Thinking sebagai metode perancangannya. Pengumpulan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara di lingkungan Digital Business Techology (DBT) PT Telkom Indonesia,kuesioner dan studi literatur. Konsep media promosi yang dirancang yaitu majalah digital interaktif berukuran A4 yang bersifat fun dan entertaining yang dilengkapi dengan audiovisual, tema yang sesuai dengan apa yang terjadi di sekitar, tips & trik, serta quiz interaktif yang dapat menarik perhatian pembaca. Berdasarkan analitik pembaca dan kuesioner, majalah digital DIGIMAGZ memiliki visual dan konten yang mampu menarik perhatian pembaca.
Kata kunci: Media Promosi, Majalah Digital,Digital Business Technology (DBT), B2B
PT Telkom Indonesia is state-owned enterprise that was operating in technology, telecommunications and mobile services sectors. According to the PT Telkom Indonesia’s website, Telkom is a large company with over 20.000 employees and the development over 100 products. One of them called Digital Business Technology (DBT) it was an unit that has five or more products includes. However, PT Telkom Indonesia provided websites and social media but only highlight one or two products for promote their product, so the probability of employees knowing all DBT products is low. In order to overcome this problem, promotional media is needed that can cover more products in one media, so that employees can find out about the products owned by PT Telkom Indonesia more easily and the probability of employees knowing about the products increases. Supported by the EVPs' hope that DBT products will collaborate with each other, so that employee awareness about DBT products is very necessary. The research uses qualitative methods and is analyzed using the Miles & Huberman method, and uses Design Thinking as the design method. Collecting primary and secondary data through observation, interviews in PT Telkom Indonesia's Digital Business Technology (DBT) environment, questionnaires and literature study. The promotional media concept designed is an A4 sized interactive digital magazine that is fun and entertaining, equipped with audiovisuals, themes that are appropriate to what is happening around you, tips & tricks, as well as interactive quizzes that can attract the attention of readers. Based on reader analytics and questionnaires, DIGIMAGZ digital magazine has visuals and content that can attract readers' attention.
Keywords: Media Promotion, Digital Magazine, Digital Business Technology (DBT), B2B