KESULITAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
PADA MATERI BILANGAN
DIFFICULTIES OF ELEMENTARY SCHOOL GRADE VI SOLVING NARRATIVE TEST IN
NUMBER MATERIAL
Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan umat manusia dalam
membantu memecahkan suatu masalah. Soal cerita merupakn tipe soal yang cocok untuk digunakan
dalam menyajikan suatu masalah matematika. Pada saat menyelesaikan soal cerita, seringkali ditemukan
kesulitan-kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami
siswa kelas VI sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 12 siswa kelas VI yang memiliki kemampuan
matematis yang beragam di salah satu sekolah dasar di kabupaten Gresik. Pengumpulan data dilakukan
melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami
kesulitan pada tiga aspek, yaitu 1. aspek bahasa, secara garis besar kesulitan siswa pada aspek bahasa
disebabkan oleh kurangnya pemahaman pada soal cerita, 2. aspek pengetahuan skematis, kesulitan ini
dipicu karena siswa belum mampu mengingat dan menggunakan konsep matematika dengan baik, dan 3.
aspek algortima, kesulitan ini disebabkan karena siswa melakukan proses perhitungan dengan
terburu-buru. Pemberian soal cerita dengan konteks yang mudah dipahami serta bahasa yang sederhana
secara berkala dapat dilakukan sebagai salah satu alternatif untuk memini
Mathematics is one of the sciences closely related to human life in helping to solve a problem. Narrative
tests are a type of question that is suitable for use in presenting a mathematical problem. When solving
narrative tests, difficulties are often found. This study aims to describe the difficulties experienced by
students in solving narrative tests. The type of this research is qualitative research, with the research
subjects being 12 sixth grade students who have the various mathematical abilities in one of the
elementary schools in Gresik. Data collection through written tests, interviews, and documentation. The
results showed that students experienced difficulties in three aspects, namely 1. language aspects.
Broadly speaking, students difficulties in language aspects were caused by a lack of understanding of
narrative tests, 2. schematic knowledge aspects, this difficulty was triggered because students were
unable to remember and use mathematical concepts well, and 3. the algorithm aspect, this difficulty is
caused by students doing the calculation process in a hurry. Narrative tests with simple context and
language regularly can be done as an alternative to minimize the level of difficulty of students and help
students build a more structured way of thinking.