ABSTRAK
PENGARUH MEDIA ABACUS MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK AUTIS
Nama : Fadhilla Churifatul Jannah
NIM : 15010044046
Program Studi : S1
Jurusan : S-1 Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd
Kemampuan anak autis dalam mengenal konsep bilangan masih rendah, khusus nya pada jenjang TK. Anak terlihat kesulitan dalam menyesuaikan jumlah benda terhadap bilangannya. Untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis, maka dibutuhkan media yang dapat mendukung perkembangan belajar anak. Media abacus modifikasi bersifat konkret sehingga dapat membantu anak autis dalam mengenal konsep bilangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media abacus modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi yakni mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatis, dengan jenis penelitian pre experiment dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes tulis dan observasi. Tes tulis dan observasi ini digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test menunjukkan nilai 61,25 dan nilai rata-rata post-test mendapatkan hasil 85. Treatment atau perlakuan dilaksanakan sebanyak 6 kali. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa adanya pengaruh media abacus modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis secara signifikan dengan hasil Zhitung = 2,521 lebih dari Ztabel = 1,64, nilai kritis 5%.
Kata Kunci : Media Abacus Modifikasi, Kemampuan Mengenal
Konsep Bilangan, Anak Autis
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF ABACUS MODIFICATION MEDIA TOWARD RECOGNIZING NUMBER CONCEPT ABILITY TO AUTISM CHILDREN
Name : Fadhilla Churifatul Jannah
Study Program : S1
Department : S-1 Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd
The autism children’s ability in recognizing number concept was still low especially in kinderganten level. The children seemed difficulty in adjusting the total things toward the number. To enhance the ability of recognizing number concept to autism children, it was required a media which could support the children’s learning development. The abacus modification media behaved concrete so that it could help the autism children in recognizing the number concept well. This research had purpose to observe the influence of abacus modification media toward the ability of recognizing number concept to autism children.
This research method used combination approach i.e. combining the quantitative approach and qualitative approach with pre-experiment kind and the research design was One Group Pre-test – Post-test. The data collected was in the form of written test and observation results. These written test and observation were used to obtain the data about the ability of recognizing number concept to autism children.
The research result indicated that the pre-test average value indicated 61,25 and the post-test average value obtained the result 85. The treatment was implemented in 6 times. The research result obtaned stated that there was significantly influence of abacus modification media toward the ability of recognizing number concept to autism children with the result i.e. Z counted = 2,521 was greater than Z table = 1,64, critic value 5%.
Keywords: Abacus modification media, the ability of recognizing number concept, autism children