Profesionalisme Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru
Professionalism Of Female School Principals In An Effort To Increase Teacher Performance Motivation
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis profesionalisme kepala sekolah perempuan dalam upaya meningkatkan motivasi kinerja guru. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa. Pertama, gaya kepemimpinan yang paling efektif digunakan yaitu gaya kepemimpinan transformasional. Kedua, gaya kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan seorang pemimpin yang fokus pada visi serta semangat kerja yang tinggi untuk mencapai tujuan, dengan cara memberikan dorongan dan kekuatan positif kepada guru. Ketiga, implikasi profesionalisme kepala sekolah perempuan dalam upaya meningkatkan motivasi kinerja guru dimulai dari rancangan visi dan motivasi, baik motivasi dari dalam diri maupun dari luar.
Kata kunci: profesionalime kepala sekolah perempuan, peningkatan motivasi kinerja guru.
The purpose of writing this scientific article is to know, explain and analyze the professionalism of female principals in an effort to improve the motivation of teacher performance. This method of writing scientific articles uses literature studies. Data is collected through text studies and relevant research results. Data analysis is done by steps: First, the collected data is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, qualitatively reviewed data are analyzed using content analysis. Third, based on the results of data analysis and interpretation, conclusions are taken that are equipped with suggestions. The results of scientific article studies show that. First, the most effective leadership style used is the transformational leadership style. Second, transformational leadership style is a leader's leadership style that focuses on vision and high spirit of work to achieve goals, by giving encouragement and positive strength to teachers. Third, the implications of professionalism of female principals in an effort to improve the motivation of teacher performance start from the design of vision and motivation, both from within and from outside.
Keywords: female principal professionalism, improved teacher performance motivation.